Find Us On Social Media :

30 Jam Jalan Kaki Menembus Wilayah KKB Papua hingga Rela Tidur Sampai Jalan, Begini Perjuangan 12 Polisi Selamatkan Distrik Kiwirok dari OPM

Tampak beberapa personel Satgas Ops Nemangkawi ketika bertugas berjalan kaki menuju Kiwirok dari Distrik Oksibil, Pegunungan Bintang, Papua

GridHot.ID - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua masih menguasai wilayah Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Diketahui jika hingga kini KKB Papua terus melakukan teror terhadap aparat maupun warga sipil.

Namun kondisi yang diciptakan oleh KKB Papua itu akhirnya dapat diatasi oleh tim gabungan Polri dan TNI.

Mengutip tribunjogja.com, operasi pembersihan KKB Papua di Kiwirok melibatkan 12 anggota polisi terpilih yang memiliki spesifikasi top pada pertengahan bulan lalu.

Pasukan yang terdiri dari 12 anggota polisi tersebut pun akhirnya berhasil mengusir para anggota KKB Papua yang selama ini membuat teror bagi masyarakat maupun anggota TNI Polri dari bandara Kiwirok.

Bukan perkara mudah untuk bisa menembus hingga wilayah bandara di Kiwirok.

Sebab, untuk bisa sampai di lokasi hanya bisa dilalui melalui jalur udara dan darat.

Namun karena KKB Papua masih menguasai Kiwirok, akses melalui penerbangan sangat rawan mendapatkan serangan dari para separatis.

Mau tak mau petugas akhirnya harus menuju ke Kiwirok melalui jalur darat.

Dilansir dari Kompas.com, 11 personel Satgas Nemangkawi yang dipimpin Iptu Budi Basrah harus menerjang terjalnya gunung-gunung di Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, untuk membuka akses penerbangan di Distrik Kiwirok.

Pada 13 September 2021, warga di Distrik Kiwirok dikejutkan oleh aksi kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Ngalum Kupel yang melakukan penyerangan dan membakar sejumlah bangunan.

Baca Juga: Bentengi Anak-anak Bumi Cendrawasih dari KKB Papua dan Kebodohan, Bripka Septinus Rela Rogoh Kantong untuk Mengajar di SD Inpres Papua Barat dan Belikan Jajan Para Bocah Agar Semangat Sekolah