Find Us On Social Media :

3 Hari Berturut-turut Gelar Rapat Ilegal, Pentolan KKB Papua Dikepung di Rumahnya, Benny Wenda Berang Polisi Tangkap Buchtar Tabuni Cs: Ini Penganiayaan Politik!

Ketua Dewan Pemerintahan Sementara Papua Barat (ULMWP) Buchtar Tabuni

Gridhot.ID - Pentolan KKB Papua, Benny Wenda berang karena polisi mengamankan Buchtar Tabuni Cs pada Senin (17/10/2022).

Diketahui, personel Polresta Jayapura Kota Polda Papua menangkap 3 tokoh penting pergerakan Papua Barat Merdeka.

Mereka yang ditangkap, yaitu Ketua Dewan Pemerintahan Sementara Papua Barat (ULMWP) Buchtar Tabuni, Menteri Politik ULMWP Bazoka Logo serta Menteri Urusan Perempuan dan Anak Iche Murib.

Buchtar Tabuni, Bazoka Logo dan Iche Murib ditangkap di kediaman Ketua ULMWP di Sungai Kamwolker Jayapura kemudian dibawa ke Polresta Jayapura Kota.

Mengutip Pos-Kupang.com, penangkapan 3 pejabat ULMWP dibenarkan Presiden Sementara ULMWP Benny Wenda melalui akun Twiternya @BennyWenda.

Benny Wenda menyatakan, polisi Indonesia telah menangkap Buchtar Tabuni bersama dua menteri ULMWP.

Menurut Wenda, Buchtar Tabuni merupakan salah satu pemimpin pembebasan paling penting di Papua Barat.

Selain menjabat Ketua Dewan Papua Barat, Buchtar Tabuni juga anggota Komite Dewan ULMWP.

"Apa kejahatan mereka? Apa pembenaran yang mungkin dapat dilakukan untuk tindakan keras ini? Ini setelah pertemuan damai di kediaman pribadi. Hak untuk berkumpul adalah hak asasi manusia yang mendasar, yang diabadikan dalam konstitusi negara-negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia," tandas Wenda.

"Setiap tahun, Parlemen Nasional ULMWP bertemu untuk berbagi informasi tentang peristiwa di daerah mereka dan mendiskusikan situasi perjuangan," tambahnya.

Pentolan KKB Papua ini menegaskan bahwa orang Papua Barat memiliki hak, di bawah hukum internasional, untuk memobilisasi secara damai untuk kemerdekaan.

Baca Juga: KKB Papua Dikutuk Maxsi Ahoren, Aksi Manfret Fatem Cs Habisi Nyawa 4 Pekerja Salahi Budaya Orang Papua: Sangat Biadab Tidak Manusiawi!