Find Us On Social Media :

Sering Senggol-senggolan, Joe Biden Nyatanya Berusaha 'Damai' dengan Xi Jinping Saat di Bali, Ini Dia Keinginan Terpendam AS yang Ingin Diwujudkan

Presiden China, Xi Jinping

Gridhot.ID - Joe Biden dan Xi Jinping akhirnya bertemu di sela-sela KTT G20 di Bali, Indonesia.

Pertemuan antara Joe Biden dan Xi Jinping ini cukup bersejarah.

Pasalnya, AS dengan China sedang memanas akhir-akhir ini.

Dikutip Gridhot dari Kontan, pada bulan Oktober 2022 lalu saja AS dengan sengaja menyatakan akan mempertimbangkan rencana untuk memproduksi senjata dengan Taiwan.

Tentu saja keputusan tersebut membuat murka China.

Konflik Taiwan memang membuat hubungan China dengan Amerika Serikat tak baik-baik saja.

Namun di Bali, kedua pemimpin nampaknya ingin membicarakan sesuatu demi masa depan.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, ada dua perkara yang diinginkan Presiden AS Joe Biden ketika berkesempatan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di sela-sela KTT G20 di Bali, Indonesia.

Dilansir dari Kantor berita AFP, seorang pejabat senior AS memberi tahu, Biden menginginkan pertemuannya dengan Xi Jinping pada Senin (14/11/2022) dapat memperbaiki jalur komunikasi dan membantu membangun "pagar" untuk menjaga kedua negara terhindar dari konflik.

"Kami berada dalam persaingan. Presiden Biden mengerti itu tetapi dia ingin memastikan bahwa persaingan itu terbatas, bahwa kami membangun pagar pembatas, bahwa kami memiliki aturan jalan yang jelas, dan bahwa kami melakukan semua itu untuk memastikan bahwa persaingan tidak mengarah ke konflik," kata seorang pejabat senior Gedung Putih.

Pejabat itu mengatakan Biden mendapat dukungan dari "sekutu dan mitra" untuk pendekatannya dengan Xi Jinping.

Baca Juga: Lowongan Kerja Lulusan S1, PT PANN Maritime Finance Buka Kesempatan Emas di Posisi Ini, Simak Syarat dan Cara Mendaftarnya