Find Us On Social Media :

Ustaz Abdul Somad Ungkap Hukum Melafalkan Doa Iftitah, Salat Tetap Sah Jika Tak Dibaca Namun Sang Pendakwah Singgung Bagai Makan Nasi Hanya dengan Kecap

Ilustrasi ibadah Salat

Gridhot.ID - Ustaz Abdul Somad menjelaskan tentang tata cara salat yang sempurna.

Ustaz Abdul Somad kali ini membahas tentang doa iftitah yang dibaca di awal saat melaksanakan salat.

Ustaz Abdul Somad kemudian memberikan penjelasannya bagaimana jika doa iftitah tidak dibaca.

Dikutip Gridhot dari Gramedia.com, doa iftitah adalah doa wajib yang dibaca oleh umat muslim ketika hendak mengawali salat fardhu maupun salat sunnah, kecuali pada salat jenazah.

Doa iftitah ini disebut juga dengan doa istiftah yang dibaca setelah takbiratul ihram.

Keberadaan doa iftitah ini memang tidak termasuk dalam rukun salat, tetapi umat muslim sangat dianjurkan untuk tidak melewatkan doa ini dengan dalih menyingkat salatnya.

Dikutip Gridhot dari Tribun Jabar, berikut bacaan doa iftitah dikutip dari berbagai sumber dan buku Risalah Tuntunan salat Lengkap Kementrian Agama. :

1. Doa Iftitah

Bacaan Latin:

Allahu Akbar Kabiiraa Wal hamdu Lillahi Katsiiraa wa Subhaanallahi bukratan wa-Ashiila. Inni wajjahtu wajhiya lilladzi fatharassamaawati wal ardha haniifan wa maa ana min al-musyrikin. Inna Shalaati wa Nusukii wa Mahyaaya wa Mamaati lillahi rabbi al-‘aalamin. Laa Syariika Lahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal-muslimiin.

Artinya :

Baca Juga: Akan Temui Kekecewaan Terburuk Sepanjang Hidup, Inilah 4 Arti Kedutan Area Kelopak Mata Kanan Bawah Menurut Primbon Jawa, Konon Harapan Anda Belum Tentu Terwujud