Find Us On Social Media :

Erupsi Gunung Semeru Buat Jepang Ketar-ketir, Bencana Alam Ini Ancam Negeri Sakura Jika Terjadi Letusan Besar

Satu jembatan yang kabarnya berada di dekat Besuk Kobokan rusak diterjang awan panas Gunung Semeru

Gridhot.ID - Gunung Semeru tiba-tiba erupsi akhir-akhir ini.

Dikutip Gridhot dari Tribunnews, pada Senin, 5 Desember 2022 Gunung Semeru masih mengeluarkan awan panas guguran dari puncak kawah Jonggring.

Lava pijar juga masih muncul dari Gunung Semeru.

Petugas Pos Pantau Gunung Semeru Mukdas Sofian mengimbau warga untuk tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara sejauh 17 kilometer.

"Kawasan itu berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 19 kilometer dari puncak," kata Mukdas Sofian.

Letusan Gunung Semeru ini membuat geger banyak orang.

Tak hanya warga sekitar, bahkan warga dunia pun juga ketar-ketir dibuatnya.

Jepang dikabarkan sangat mewaspadai terkait letusan Gunung Semeru.

Dikutip Gridhot dari Kontan, Jepang waspada akan ancaman terjadinya bencana tsunami setelah Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, mengalami erupsi.

Hal ini dikatakan Badan Meteorologi Jepang, yang menyebutkan kemungkinan tsunami sedang dipantau setelah Gunung Semeru erupsi pada Minggu (4/12/2022) dini hari.

Meski demikian, Peneliti Bencana Institut Teknologi 10 Nopember (ITS), Dr Ir Amien Widodo MSi mengatakan, erupsi yang terjadi saat ini tiddak akan sampai ke lautan.

Baca Juga: Ustaz Abdul Somad Peringatkan Suami Istri Dilarang Melakukan Hubungan Seksual di Waktu Ini, Ternyata Ada Bahaya Menanti