Find Us On Social Media :

Dibocorkan Penggarap Dekor, Kaesang dan Erina Gudono Bakal Lakukan Deretan Ritual Ini di Loji Gandrung Sebelum Mulai Kirab Sampai Pura Mangkunegaran: Pertama Pasrah Tinampi

Simak jadwal pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, bakal digelar dari pagi hingga malam, rangkaian acaranya bocor!

GridHot.ID - Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono tinggal menghitung hari.

Akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono bakal digelar di Yogyakarta, sementara aca ngunduh mantu akan digelar di Loji Gandrung dan Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, pada Minggu (11/12/2022).

Rencananya, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan mengikuti serangkaian acara adat di Loji Gandrung lalu dikirab menuju Pura Mangkunegaran.

Dilansir dari tribunsolo.com, Art Director Asmoro Decoration Pandji Vasco Da Gama mengungkap detail prosesi Ngunduh Mantu putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang akan digelar di Loji Gandrung, Minggu (11/12/2022) mendatang.

Prosesi pertama yakni Pasrah Tinampi.

Prosesi ini mengisyaratkan di satu sisi sebagai mempelai laki-laki menyerahkan (pasrah) sedangkan di sisi lain sebagai mempelai perempuan menerima (tinampi).

"Prosesi ngunduh mantu pertama Pasrah Tinampi jadi kedua belah pihak ngunduh setelah ijab," jelasnya.

Prosesi ini kelanjutan dari akad nikah yang telah dilakukan sehari sebelumnya.

"Setelah pasrah tinampi ada upacara sungkeman. Setelah sungkeman foto keluarga bahwa keluarga sudah resmi menyatu," terangnya.

Sungkeman ini sebagai bentuk rasa hormat dan terimakasih kepada kedua orang tua karena telah membimbing mereka sampai di jenjang pernikahan.

"Kemudian tumplak punjen sebagai rasa syukur orang tua yang sudah purna menikahkan anaknya yang terakhir. Menuangkan hasil rasa syukur," tuturnya.

Baca Juga: Akui Tak Puas Meskipun Sudah Dapatkan Hadiah Kulkas, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Blak-blakan Minta Kado Tambahan ke Kahiyang, Respon Putra Bungsu Presiden Jokowi Disorot