Find Us On Social Media :

Atasi Asam Lambung dengan Ubah Gaya Hidup dan Minum Air Kelapa, Gejala Seperti Rasa Terbakar di Dada hingga Sakit Tenggorokan Sirna Seketika

Ilustrasi asam lambung.

GridHot.ID - Asam lambung naik adalah kondisi umum yang sering dialami banyak orang.

Saat asam lambung naik, penderita akan merasakan sensasi terbakar di dada, kesulitan menelan, bahkan sakit tenggorokan.

Asam lambung naik juga bisa menyebabkan gejala seperti batuk kronis, kehilangan suara, asma, dan kurang tidur. Mual dan muntah juga bisa terjadi.

Asam lambung naik yang terjadi cuma sesekali tidak selalu memerlukan pengobatan dokter.

Banyak cara untuk mengatasi asam lambung, termasuk mengubah gaya hidup.

Dilansir dari forbes.com, berikut beberapa cara mengatasi gejala asam lambung dengan mengubah gaya hidup.

Makan makanan berserat. Makanan berserat tinggi, seperti biji-bijian utuh, umbi-umbian seperti wortel dan bit, serta sayuran hijau seperti asparagus, buncis, dan brokoli dapat membantu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Itu mencegah naiknya asam lambung.

Pertahankan berat badan yang sehat. Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan dapat membantu mengurangi gejala refluks asam. 

Hindari minum minuman beralkohol dan merokok. Minuman beralkohol dan rokok adalah pemicu umum untuk naiknya asam lambung.

Batasi minuman berkarbonasi. "Minuman berkarbonasi bisa sangat asam dan mungkin mengandung kafein dan gelembung udara, yang bisa menjadi pemicu asam lambung bagi sebagian orang," kata Dr. Méndez.

Kurangi asupan kafein.  Dr. Méndez menyarankan untuk berhenti mengonsumsi kafein.

Baca Juga: Penderita Asam Lambung Wajib Coba, Cuma Modal Rebus Batang Ini dan Minum Airnya, Efeknya Bikin Lambung Tenang Sakitnya Hilang