Find Us On Social Media :

Bleketepe di Rumah Erina Gudono Dipasang, Tamu Undangan Calon Istri Kaesang Pangarep Tak Bisa Sembarangan, Pengamanan Ketat Diterjunkan

Bleketepe di Rumah Erina Gudono Dipasang, Tamu Undangan Calon Istri Kaesang Pangarep Tak Bisa Sembarangan, Pengamanan Ketat Diterjunkan

Gridhot.ID- Rangkaian pernikahan adat Jawa Erina Gudono dan Kaesang Pangarep dimulai dengan pemasangan bleketepe.

Rumah calon istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono di RT 03 RW 59, Purwosari, Sinduadi Mlati, Kabupaten Sleman, sudah mulai dipasang Bleketepe.

Menurut pantauan Gridhot.ID pengaman ketat jelang cara pemasangan bleketepe dan siraman di rumah calon istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono.

Tamu undangan yang datang ke rumah calon istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono diperiksa sebelum memasuki lokasi acara pada Jumat(09/12/2022).

Pemasangan Bleketepe sendiri merupakan proses sakral yang mengawali acara pernikahan.

Lantas, apa itu bleketepe? Istilah bleketepe diambil dari kata Bale Katapi, Bale artinya tempat, sedangkan Katapi berasal dari kata tapi yang berarti memisahkan kotoran kemudian dibuang.

Dengan kata lain, bleketepe memiliki arti sebuah tempat di mana kotoran dipilah untuk kemudian dibuang.

Bleketepe terbuat dari anyaman daun kelapa yang masih hijau dan kemudian dipasang mengelilingi area pernikahan.

Yang bertugas memasang bleketepe adalah ayah dari mempelai wanita. Setelah bleketepe terpasang, artinya calon pengantin sudah siap melanjutkan ke prosesi siraman dalam adat Jawa.

Baca Juga: 11 Desember Jadi Hari Ulang Tahun Erina Gudono, Kaesang Pangarep Bocorkan Bakal Berikan Kado Istimewa untuk Calon Istrinya

Dikutip Gridhot.ID dari Tribun Jogja, Bleketepe punya 5 makna penting dalam pernikahan adat Jawa.

Lima makna penting Bleketepe yakni: