Find Us On Social Media :

Waspada Bahaya! Kebiasaan Merokok Ternyata Memberikan Resiko yang Lebih Tinggi Terhadap Penyakit Asam Lambung

Ilustrasi merokok berbahaya untuk asam lambung

GridHot.ID - Penyakit asam lambung merupakan gangguan kesehatan yang kerap terjadi pada beberapa orang.

Namun, gejala dari asam lambung tidak boleh diabaikan.

Sebab, jika terus naik akan menyebabkan iritasi pada kerongkongan.

Seperti dilansir dari Nakita.id, tak hanya membuat perut jadi panas, jika asam lambung dibiarkan saja bisa memicu sakit di ulu hati bahkan hingga kesulitan untuk menelan.

Ada beberapa kebiasaan yang seringkali masih dilakukan, padahal bisa memperburuk gejalanya.

Apa saja, ya?

Taukah Anda bahwa merokok dapat memberikan risiko yang lebih tinggi terhadap penyakit asam lambung?

Kandungan nikotin dalam rokok dapat merelaksasikan sfingter esofagus bagian bawah, sehingga asam lambung akan melonjak ke esophagus.

Dilansir dari TribunBanyumas, selain itu, kebiasaan merokok dapat menyebabkan merusaknya selaput lendir, mencegah refleks otot di tenggorokan, memicu banyak asam di perut, mengurangi air liur yang dapat menetralkan asam, hingga meningkatkan risiko kanker esofagus.

Hal ini yang menyebabkan gejala asam lambung seperti heartburn, nyeri perut, mulal dan muntah, mulut asam, sering sendawa, bahkan sesak napas.

Berdasarkan penelitan, para ahli tertarik untuk meneliti hubungan kebiasaan merokok dan penyakit asam lambung pada penderita usia 18-60 tahun, dengan koresponden 136 orang.

 Baca Juga: Atasi Asam Lambung dengan Ubah Gaya Hidup dan Minum Air Kelapa, Gejala Seperti Rasa Terbakar di Dada hingga Sakit Tenggorokan Sirna Seketika