Find Us On Social Media :

Ustaz Abdul Somad Jelaskan Betapa Pentingnya Salat Jamaah di Masjid, Bukan Cuma Masalah Doa, Tapi Gerak-gerak Juga Wajib Dipahami

Ilustrasi Salat berjamaah

Gridhot.ID - Ustaz Abdul Somad membongkar betapa luar biasanya salat jamaah di masjid.

Ustaz Abdul Somad kemudian menjelaskan tentang keutamaan salat jamaah.

Berikut penjelasan Ustaz Abdul Somad mengenai salat jamaah yang dilakukan di masjid.

Dikutip Gridhot dari Kemenag, diketahui salat atau sholat merupakan hal yang wajib dilakukan bagi umat muslim yang sudha berikrar untuk tunduk kepada Allah SWT.

Perintah untuk melakukan salat wajib lima waktu dan salat sunnah lainnya juga sudah dijelaskan lengkap dalam Al Quran.

Mengerjakan shalat fardhu dianjurkan secara berjamaah karena pahalanya berkali-kali lipat dibandingkan shalat sendiri.

Dikutip Gridhot dari Banjarmasin Post, Ustaz Abdul Somad menjelaskan ada hal yang harus dipahami dalam menunaikan shalat berjamaah.

"Misalnya saat imam membaca Surah Al-Fatihah dan mengakhirinya dengan mengucap aamiin, maka makmum juga mengucap aamiin sesudah imam," jelas Ustadz Abdul Somad dikutip Banjarmasinpost.co.id dari kanal youtube Dakwah Digital.

Begitu pula misalnya karena sudah banyak yang mengucap aamiin mengikuti imam, lantas ada makmum yang tidak membaca aamiin, maka tidak begitu konsepnya.

Makna aamiin dalam mengakhiri Surah Al-Fatihah bermakna memohon terkabulnya doa kepada Allah karena itu hendaknya tidak keliru dalam menyebutkannya, karena bisa berbeda makna.

Keutamaan shalat berjamaah, dengan mengucap aamiin di akhir Surah Al-Fatihah, makmum yang shalat berjamaah beserta imam niscaya akan diampuni dosa-dosanya di masa lalu oleh Allah SWT.

Baca Juga: Ramalan Weton Orang yang Diberkahi Wahyu Paku Bumi, Kehidupannya Konon Akan Kaya Raya, Jumat Kliwon Salah Satunya