Find Us On Social Media :

Berani Serang Polisi di Jalan Trans Yapen, Sosok Pimpinan KKB Papua Kelompok Fernando Warobay Terungkap, Kombes Faizal: Dia Pegang Senjata Laras Panjang

Kerusakan yang diakibatkan oleh KKB papua beberapa waktu yang lalu.

Laporan Wartawan Gridhot.ID - Akhsan Erido Elezhar

Gridhot.ID - Identitas sosok pimpinan KKB Papua kembali terungkap.

Plato Merani merupakan sosok yang teridentifikasi sebagai oknum yang memimpin Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua yang menyerang polisi di Kepulauan Yapen.

Fakta ini terungkap setelah sebuah video viral memperlihatkan Plato Merani yang bersenjata engkap, berbicara di depan kamera tentang insiden KKB Papua tembak polisi di Yapen.

Dilansir Gridhot.ID dari artikel terbitan Pos-Kupang, 18 Desember 2022, rupanya video berdurasi singkat itu, telah diketahui pula oleh Polda Papua. Makanya yang bersangkutan langsung dinyatakan sebagai dalang kasus tersebut.

Hal itu dibenarkan Direktur Reserse Kriminal Umum ( Direskrimum ) Polda Papua, Kombes Faizal Ramadhani melalui pesan singkatnya kepada awak media, Rabu 14 Desember 2022.

Dikatakannya, dalang penyerangan aparat kepolisian Kepulauan Yapen, telah dikantongi polisi. Yang bersankutan adalah Plato Merani.

"Pelakunya Plato Merani. Dia yang berbicara di video dan memegang senjata laras panjang," ungkap Faizal Ramadhani.

Menurut Faizal Ramadhani, Plato Merani merupakan salah satu petinggi KKB Papua di bawah komando Fernando Warobai.

Sementara Fernando Warobay sudah cukup lama diketahui sebagai pimpinan KKB Papua di wilayah Yapen. Hanya saja dalam waktu beberapa tahun terakhir, kelompok itu tak lagi melancarkan aksi anarkisnya.

"Dia itu (Plato Merani) masih kelompoknya Fernando Warobay," kata Faizal.

Baca Juga: Salah Satunya Mudah Marah dan Miliki Tatapan Mata Tajam, Inilah 4 Ciri-ciri Fisik Orang Didampingi Khodam Leluhur Harimau Putih