Find Us On Social Media :

Petinggi KKB Papua Muncul Berpakaian Loreng, Plato Merani Laporkan Aksinya di Depan Mobil Patroli Polisi Setelah Tembaki Aparat, Ini Tampangnya

Tangkapan layar Plato Merani yang diambil dari video pembakaran kendaraan milik polisi di Kepulauan Yapen, Papua, Selasa (13/12/2022)

Gridhot.ID - Polda Papua telah mengantongi identitas pemimpin KKB Papua yang menyerang rombongan polisi di Yapen.

KKB Papua menyerang rombongan polisi yang hendak membuka pemalangan jalan di Kilometer 1, Jalan Trans Yapen Saubeba-Angkaisera, Yapen, Selasa (13/12/2022) siang.

Puluhan personel polisi ditembaki KKB Papua dari arah ketinggian.

Kontak tembak antara KKB dan polisi pun pecah sekira 1 jam.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menjelaskan, kejadian itu terjadi saat anggota polisi menuju Yapen, lantas serangan KKB terjadi.

"Iya benar kejadian itu terjadi pada Selasa siang, saat anggota menerima laporan dari masyarakat bahwa terjadi pemalangan jalan di Pertigaan Saubeba Kampung Tindaret Distrik Yapen Utara Kabupaten Kepulauan Yapen," kata Kombes Kamal, Rabu (14/12/2022) dalam keterangannya kepada KOMPAS TV.

Waktu itu, rombongan polisi tiba di KM 1 Jalan Trans Yapen Saubeba-Angkaisera namun terhalang oleh 2 batang kayu yang dipasang di tengah jalan.

"Pada saat hendak membuka palang tersebut, KKB melakukan tembakan dari arah bukit ke arah anggota yang berada di TKP, akhirnya terjadi kontak tembak, sembari anggota mencari posisi yang aman dan memperhatikan pelaku penembakan yang berada di ketinggian," ujarnya.

Selain itu, ada korban jiwa dari warga sipil yang ikut dalam rombongan polisi.

Seorang operator sensor bernama Yeferson Sayuri tewas ditembak KKB dalam insiden itu.

"Dari rombongan Polres membawa 3 orang operator sensor, satu di antaranya meninggal dunia atas nama Yeferson Sayuri akibat luka tembak di bagian punggung. Korban langsung dievakuasi ke RSUD Serui," kata dia.

Baca Juga: Jejak Kalenak Murib Pimpinan KKB Papua, Kabur dari Lapas Lalu Habisi Nyawa Karyawan Bank, Demian Yumame Tewas Ditembak di Kepala