Find Us On Social Media :

Siap Sukseskan dan Amankan Pemilu 2024, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Sebut Akan Kerahkan Berbagai Alutsista: Nanti Kita Koordinasi Bersama Polri

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono beri keterangan seusai menghadiri acara Exit Briefing Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (21/12/2022).

Laporan Wartawan Gridhot.ID - Akhsan Erido Elezhar

Gridhot.ID - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan pihaknya siap mendukung pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Dilansir Gridhot.ID dari artikel terbitan Tribunnews, 21 Desember 2022, Yudo mengatakan TNI siap berkoordinasi dengan Polri serta pemerintah dan pihak penyelenggara Pemilu.

“Untuk pengamanannya nanti kita lihat, plotnya bagaimana, nantinya akan koordinasi dengan Polri dengan KPU, mana-mana saja,” kata Yudo seusai acara Exit Briefing Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (21/12/2022).

Tak hanya itu, Yudo yang masih menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) ini menambahkan pihaknya juga bakal mengerahkan alat utama sistem pertahanan (Alutsista) untuk mendukung kesuksesan Pemilu.

“Apakah kita juga ditunjuk untuk distribusi kotak Pemilu seperti jaman saya dulu waktu Komandan KRI, disrribusi ke pulau-pulau. Silahkan nanti kan masih lama 2024,” katanya.

Selain Alutsista, segenap Prajurit TNI juga bakal disiapkan untuk mendukung kelancaran Pemilu 2024.

Di sisi lain, Yudo menambahkan para Prajurit TNI juga dipastikan akan netral pada pesta demokrasi lima tahunan nanti.

“Dengan pasukan kita yang ada kita harus siapkan. Yang penting pemilu harus aman terlaksana dengan lancar. Artinya netralitas dulu lah kita tekankan ke prajurit mulai sekarang ini. netral-netral-netral,” tuturnya.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, Jenderal Andika Perkasa resmi menyerahkan jabatan Panglima TNI kepada Laksmana Yudo Margono, Selasa (20/12/2022).

Baca Juga: Kejar Produksi Iphone 14 Besar-besaran, Foxconn China Diduga Paksa Karyawannya Tetap Bekerja Meski Memiliki Gejala Covid-19 Bahkan yang Sulit Bernapas

Dikutip Gridhot.ID dari artikel terbitan Kompas.com, 20 Desember 2022, seperti yang sudah diketahui sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Istana Negara, Senin (19/12/2022).