Find Us On Social Media :

KKB Papua Ketar-ketir, Satgas Damai Cartenz Pakai Strategi Istimewa untuk Amakan Jalur Terpenting di Kota Kenyam, Tahun Baru Aman Tentram

Plato Merani (kiri) dalang penyerangan KKB Papua di Yapen

Gridhot.ID - KKB Papua memang makin sering aktif di bulan Desember tahun 2022 ini.

Dikutip Gridhot dari Tribun Papua, Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo menjelaskan dalam bulan Desember akan ada eskalasi atau peningkatan serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah Papua.

Menurutnya, peningkatan ini terjadi karena pada Desember ada peringatan kemerdekaan mereka.

"Di bulan Desember itu ekskalasinya meningkat. Kenapa di Indonesia meningkat? Di Desember itu ada beberapa peringatan, peringatan kemerdekaan mereka, peringatan berbagai peristiwa di bulan Desember, ini meningkat ekskalasinya," ujarnya pada Rabu (15/12/2022).

"Akhir tahun di wilayah Papua ada eskalasi yang tentu harus kita perhatikan karena memang ada tanggal-tanggal yang jadi kegiatan dari kelompok KKB, dan tentu sudah kita berikan tugas khusus kepada tim yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz untuk melakukan langkah-langkah," pungkasnya.

Total ada lima warga sipil meninggal dunia akibat serangan brutal KKB Papua di bulan Desember 2022.

Dikutip Gridhot dari tribratanews.papua.polri.go.id, Satgas Operasi Damai Cartenz 2022 bersama Polres Nduga, Papua Pegunungan, meningkatkan Patroli antisipasi adanya potensi gangguan keamanan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Nduga, jelang perayaan Natal dan Pergantian Tahun, Sabtu (17/12).

Patroli daerah rawan dipimpin langsung oleh Kapolres Nduga AKBP Rio Alexander Penelewen, Sik didampingi Kabagops Polres Nduga Iptu Bayu Pratama Sudirno bersama Satgas Preventif dan Satgas Tindak Ops Damai Cartenz.

AKBP Rio Alexander dalam kesempatannya mengatakan bahwa menjelang perayaan hari natal dan pergantian tahun personil polri yang bertugas di Nduga meningkatkan kesiapsiagaan dengan memperbanyak patroli di sejumlah wilayah yang dianggap menjadi titik rawan gangguan KKB Papua.

“Kami tingkatkan patroli di daerah rawan jelang hari raya natal dan pergantian tahun kami tingkatkan patroli.

Patroli melibatkan jajaran Polres Nduga dan Satgas Ops Damai Cartenz di sepanjang jalan yang menghubungkan antara Ditrik Kenyam dan Distrik Krepkuri,” kata AKBP Rio.

Baca Juga: Profesi Mantan Pacar Ayu Ting Ting Bukan Kaleng-kaleng, Terkuak Kabar Terbaru Adit Jayusman, Masih Saling Follow Meski Gagal Nikah