Find Us On Social Media :

Ketua LDA Gusti Moeng Mengaku Diusir Kubu Sasonoputro, Cucu Pakubuwono XIII Bongkar Kronologi Mencekam Kericuhan Keraton Solo SaatAda Orang Ngaku Aparat Todong Pistol di Kepalanya

Terjadi kisruh di Keraton Solo, cucu raja Keraton Solo (kanan) ditodong Pistol, hingga empat orang dilarikan di rumah sakit. Kondisi di kawasan Keraton Kasunanan Solo, Jawa Tengah, pada Jumat (23/12/2022).

Gridhot.ID - Kasus kericuhan di Keraton Solo buat geger banyak orang.

Dikutip Gridhot dari Tribun Solo, Polisi kini sedang menyediliki kasis kericuhan Keraton Solo ini.

Kericuhan di Keraton Solo ini diduga melibatkan banyak orang antar kerabat dan keluarga.

Polisi masih terus menyelidiki adanya sesosok orang dalam kericuhan tersebut yang mengaku sebagai aparat dan menodong pistol ke kepala cucu Pakubuwono XIII.

"Kalau salah satu anggota Polri dari satuan tertentu kami harus mengumpulkan bukti saksi-saksi betulkah itu. Semua informasi akan kita dalami," jelasnya, Jumat, dilansir dari Tribun Solo.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, kericuhan terjadi di Keraton Kasunanan Surakarta atau Keraton Solo, Jawa Tengah, Jumat (23/12/2022) sekitar pukul 19.00 WIB.

Dalam perselisihan itu, cucu Pakubuwana (PB) XIII, Bandara Raden Mas (BRM) Suryo Mulyo mengaku ditodong pistol oleh seseorang.

"Saya diginiin (mengisyaratkan tangan seperti ditodong senjata api), 'Isoh meneng ra, Mas?' (Bisa diam tidak, Mas?) Ditodong didorong. 'Ojo peh aku nganggo klambi biasa terus kowe nyepelekke aparat' (Jangan karena aku memakai baju biasa, kamu bisa menyepelekan aparat)," ujarnya, Jumat, dikutip dari Tribun Solo.

Peristiwa itu diduga melibatkan dua kubu Keraton Solo, yakni kubu Sasonoputro yang mengatasnamakan Raja Keraton Solo PB XIII Hangabehi dan Lembaga Dewan Adat (LDA). Untuk diketahui, LDA merupakan kerabat keraton yang berisi sejumlah adik dan anak raja.

Ketua LDA Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Wandansari Koes Moertiyah mengaku diusir oleh kubu Sasonoputro. Menurut perempuan yang akrab disapa Gusti Moeng ini, kubu Sasonoputro membawa sekitar 50 orang.

"Mereka ingin mengususir kita," ucap adik PB XIII ini.

Baca Juga: Baru Pulang Umrah, Selebgram Ini Diduga Miss Renna Pemeran Video Syur Kebaya Hijau, Sosoknya Ternyata Pengusaha dengan Bisnis Ini