Find Us On Social Media :

Isu Reshuffle Kabinet Presiden Jokowi Makin Santer Terdengar, Mantan Panglima TNI Andika Perkasa Berpotensi Gantikan Posisi Prabowo hingga Mahfud MD, Pengamat Politik Berikan Tanggapan Begini

Dari kiri ke kanan, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Mantan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Menko Polhukam Mahfud MD

Laporan Wartawan Gridhot.ID - Akhsan Erido Elezhar

Gridhot.ID - Kini tak lagi menjabat sebagai Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa disebut-sebut bakal masuk ke kabinet Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Santer isu bahwa Andika Perkasa akan menggantikan posisi salah satu jabatan menteri yang saat ini diisi oleh kader Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Dilansir Gridhot.ID dari artikel terbitan TribunWow, 27 Desember 2022, namun pengamat meyakini Andika justru dapat mengisi jabatan strategis mengingat posisinya yang pernah menjabat sebagai Panglima TNI.

Dugaan ini disampaikan oleh Direktur Eksekutif Voxpol Center Reasearch and Consulting Pangi Syarwi Chaniago.

"Bahkan, posisi beliau sebagai panglima. Menteri apa yang paling strategis. Tentu tidak mudah mencarikan posisinya," ujar Pangi, Senin (26/12/2022).

Pangi menyebut, Andika kemungkinan bisa menggantikan posisi Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan atau Mahfud MD sebagai Menko Polhukam.

"Misalnya, ya bisa saja dipasangkan sebagai menteri pertahanan ya. Menggantikan Mahfud MD bisa saja," sambungnya.

Sementara itu, terkait isu kader NasDem didepak dari kabinet, Pangi menyampaikan, semua tidak akan ada masalah apabila pada akhirnya Andika menjadi bagian dari NasDem.

"Kalau reshuffle (kabinet). Kalau misalnya Andika kader NasDem kan tinggal ganti pemain."

Baca Juga: Pacar Baru Song Joong Ki Terungkap, Unggahan Lama Artis Inggris Katy Saunders Ini Jadi Salah Satu Bukti

"Kalau memang Andika kader NasDem, berarti kan menteri NasDem tidak berkurang. Tetapi hanya ada pergantian pemain di tengah. Itu biasa," jelasnya.