Find Us On Social Media :

Resmi Dilantik Presiden Jokowi Jadi KSAL Baru Gantikan Yudo Margono, Inilah Profil Laksamana Madya Muhammad Ali yang Pernah Jadi Komandan KRI Nanggala

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) Laksamana Madya (Laksdya) Muhammad Ali.

Laporan Wartawan Gridhot.ID - Akhsan Erido Elezhar

Gridhot.ID - Laksamana Madya (Laksdya) Muhammad Ali resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu (28/12/2022).

Dilansir Gridhot,ID dari artikel terbitan Tribunnews.com, 28 Desember 2022, adapun pelantikan tersebut dimulai pukul 09.30 WIB.

Prosesi pelantikan diawali dengan dinyanyikannya lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Kemudian, acara berlanjut dengan pembacaan keputusan pengangkatan KSAL oleh Sekretaris Militer Kepresidenan, Laksamana Muda TNI Harsan.

“Memberhentikan dengan hormat Laksamana TNI Yudo Margono S.E, M.M NRP9168P dari jabatannya sebagai Kepala Staf Angkatan Laut disertai ucapan terimakasih atas pengabdian dan jasa-jasanya yang telah sudah disumbangkan kepada bangsa dan Negara Republik Indonesia.”

“Kedua mengangkat Laksamana Madya TNI Muhammad Ali SE, MM NRP 9600P sebagai Kepala Staf Angkatan Laut,” kata Harsan dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Setelah dibacakan pengumuman pengangkatan, Muhammad Ali lalu disumpah jabatan oleh Presiden Jokowi.

“Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara.”

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” kata Muhammad Ali menirukan sumpah yang dibacakan Jokowi.

Baca Juga: Bisa Jadi Penasihat dan Pencerah Bagi Orang Lain Karena Dinaungi Watak Mantri Sinaroja, Simak Deretan Weton yang Dilindungi Khodam Macan Gunung Semeru

Acara pun berlanjut dengan penandatanganan surat pelantikan Muhammad Ali dengan disaksikan oleh Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono dan Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.