Find Us On Social Media :

KKB Papua Sempat Klaim Kuasai Ibu Kota Maybrat, TNI-Polri Kembali Bersinergi Wujudkan Rasa Aman Lindungi Masyarakat, Kapolda Papua Barat: Anak Buah Kita Disana, Itu Berita Bohong

Ilustrasi KKB Papua.

Laporan Wartawan Gridhot.ID - Akhsan Erido Elezhar

Gridhot.ID - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua masih terus menebar teror di Bumi Cendrawasih.

Untuk itu, TNI- Polri terus bersinegritas untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Dilansir Gridhot.ID dari artikel terbitam Tribratanews, 3 Januari 2022, karena tak ingin membiarkan KKB Papua meneror warga sipil.

Kapolda Papua Barat, Irjen. Pol. Drs. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., menjelaskan pihaknya sudah memberikan perintah kepada jajarannya untuk terus memburu KKB Papua, hidup atau mati.

Hal itu terkait Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) yang mengklaim telah menguasai Ibu Kota Maybrat, Kumurkek, sejak beberapa hari sebelum Natal.

"Polri dan TNI terus melakukan evaluasi berkala bersama Pemkab Maybrat. Sehingga kami memastikan video yang beredar tentang KKB menguasai Distrik Kmurkek itu tidak benar. Kami juga berpatroli rutin dan terukur oleh Polri dan TNI untuk memastikan kondusivitas Maybrat secara menyeluruh,” jelasnya, Senin (2/1/23).

Sebelumnya, tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) mengklaim telah menguasai Ibu Kota Maybrat, Kumurkek, sejak beberapa hari sebelum Nata.

Hal tersebut dinyatakan Arnoldus Kocu, Pentolan TPNPB melalui rekaman suara yang diterima dari Juru Bicara TPNPB Sebby Sambom.

"Saya diperintahkan Pimpinan Kodap IV Sorong Raya kini menguasai Ibu Kota Kabupaten Kumurkek," kata Arnoldus Kocu yang menyebut dirinya Komandan Operasi.

Baca Juga: Dipercaya Bisa Netralisir Berbagai Penyakit, 4 Weton Ini Konon Dilindungi Khodam Leluhur Penyembuh Alami, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Dikutip Gridhot.ID dari artikel terbitan Kompas.com, 26 Desember 2022, dia menyebut bahwa per Minggu (25/12/2022) malam merupakan malam keempat penguasaan TPNPB di wilayah itu.