Find Us On Social Media :

Selang 8 Meter Modalnya, Begini Detik-detik Tiga Tentara Selamatkan Bocah Jatuh di Sumur Area Candi Borobudur, Kondisi Korban Bikin Ngelus Dada

Tiga tentara evakuasi bocah 7 tahun yang tercebur ke dalam sumur di Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang pada Rabu (4/1/2023).

Laporan Wartawan Gridhot.ID - Akhsan Erido Elezhar

Gridhot.ID - Detik-detik penyelamatan tiga anggota TNI Kodim 0705/Magelang terhadap seorang anak bernama Aurelio Rafael Aditya (7) yang jatuh ke dalam sumur terjadi di area Taman Wisata Candi Borobudur.

Dilansir Gridhot.ID dari artikel terbitan TribunJakarta, 5 Januari 2022, aksi penyelamatan bocah tersebut berlangsung cukup dramatis.

Mereka hanya menggunakan alat seadanya untuk membantu korban naik dari dasar sumur.

Ketiga anggota TNI tersebut yakni Sersan dua (Serda) Rahman, Serda Wahyu Aji, dan Serda M. Subadar.

Sersan Dua (Serda) Rahman salah satu penyelemat yang masuk ke dalam sumur mengatakan, saat itu kondisi Candi Borobudur dalam masa ramai karena libur natal dan tahun baru (Nataru).

Ketiganya bertugas di Pos Terpadu untuk pengamanan di objek vital. Pos terpadu sendiri berada di area pintu utama masuk pengunjung.

"Kejadian itu siang hari, saat itu ada suara teriakan dari arah toilet, sekitar 50 meter dari Pos Terpadu. Orang-orang juga sudah ramai berkumpul di sana. Awalnya, saya mengira ada orang berkelahi. Lalu, kami berlari ke sana ternyata ada seorang anak masuk kedalam sumur," ujarnya saat konferensi pers di kantor TWC, pada Rabu (04/01/2023).

Tanpa menunggu lama, lanjutnya, dia langsung masuk ke dalam sumur dibantu dengan dua orang rekannya.

Dengan menggunakan selang air sepanjang 8 meter yang berada di sekitar lokasi kejadian.

Baca Juga: Tinggal 1 Hari Lagi, PPPK Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Ditutup 6 Januari 2022, Begini Cara Daftar di SSCASN

"Untuk evakuasinya saya turun ke sumur menggunakan alat yaitu selang. Penggunaan selang itu spontan saja kebetulan ada di sekitar lokasi, untuk menyiram tanaman. Terus, dua senior saya yang menurunkan selang ke bawah. Terus saya menggunakan selang itu, memegang sambil memasukan kaki ke selang, bentuknya seperti huruf U," ungkapnya.