Find Us On Social Media :

Lakukan Pertemuan Khusus Bersama Panglima TNI dan KSAL Baru, Wakil Presiden Minta Tindak Tegas KKB Papua, Jubir Ma'ruf Amin: Demi Kesejahteraan Papua

Wapres Maruf Amin menggelar pertemuan dengan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono membahas tentang KKB Papua. Simak permintaannya ke Panglima TNI.

Laporan Wartawan Gridhot.ID - Akhsan Erido Elezhar

Gridhot.ID - Masalah kelompok kriminal bersenjata atau KKB Papua tampaknya masih jadi perhatian utama bagi Wakil Presiden Maruf Amin.

Dilansir Gridhot.ID dari artikel terbitan Surya.co.id, 5 Januari 2022, bahkan Wapres mengadakan pertemuan khusus dengan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Muhammad Ali di Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro, Jakarta.

Wapres Maruf Amin meminta agar Panglima TNI menindak lebih tegas KKB Papua tapi tetap humanis.

Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi mengungkapkan dalam pertemuan itu Maruf Amin menekankan tentang pentingnya pengamanan Papua.

"Pengamanan Papua ditegaskan oleh wakil presiden itu adalah sebagai prasyarat untuk pembangunan kesejahteraan di Papua," ujar Masduki kepada wartawan, Selasa (3/1/2023).

Maruf Amin meminta agar Panglima TNI memberikan perhatian kepada Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua.

Masduki mengungkapkan Maruf meminta Panglima TNI menyiapkan infrastruktur untuk pemerintahan di DOB.

Saat ini, Maruf menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua.

"Wakil presiden itu menekankan supaya perkantoran-perkantoran yang dibutuhkan di daerah wilayah-wilayah baru provinsi baru itu segera dipersiapkan, infrastruktur awal dan seterusnya supaya dipersiapkan, dan itu juga disanggupi oleh bapak panglima," ungkap Masduki.

Baca Juga: Bank Soal PPPK 2022, Berikut Contoh Soal P3K Tenaga Teknis untuk Jabatan Pranata Humas, Pendaftaran di SSCASN Ditutup Hari Ini

Dalam pertemuan itu, Maruf Amin juga meminta agar TNI menggunakan pendekatan humanis, teritorial, namun dengan ketegasan dalam penanganan wilayah Papua.