Find Us On Social Media :

2 Bulan Hidup dengan Satu Kaki, Suti Karno Kini Terapkan Pola Hidup Sehat Pasca Amputasi, Pemeran Atun: Saya Sudah Pesan Kaki Palsu

Suti Karno amputasi kaki

Gridhot.ID - Artis peran Suti Karno kini hidup dengan satu kaki sejak 2 bulan yang lalu. 

Suti Karno telah menjalani amputasi kaki akibat penyakit diabetes yang diidapnya selama 18 tahun.

Alasan Suti Karno memilih operasi amputasi, karena adanya luka di kaki yang tak kunjung sembuh dan semakin melebar.

"Sebetulnya itu keputusan saya, bukan keputusan dokter. Karena ya kan merambat lukanya. Karena pembuluh darah saya itu sudah rusak yang bagian atas," kata Suti dalam program Rumpi Trans TV, Minggu (25/12/2022).

Usai operasi, Suti Karno yang merupakan pemeran Atun dalam sinetron 'Si Doel Anak Sekolahan' itu rutin menjalani fisioterapi untuk kakinya.

Hal itu dilakukan sebelum dirinya mendapatkan kaki palsu sebagai alat bantunya saat berjalan.

"Sekarang Alhamdulilah, aku lagi fisioterapi. Makanya kemarin banyak aku tolak pekerjaan. Bukannya bagaimana, karena kan aku kan BPJS-nya bayar, kalau soal waktunya enggak menentu," ungkap Suti saat ditemui Kompas.com di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (9/1/2022).

Adik aktor Rano Karno itu juga mengucap syukur kepada Tuhan karena dia juga mendapatkan medical check up untuk memeriksa kesehatannya yang sekarang.

Kini, Suti berencana memesan kaki palsu agar aktivitasnya sehari-hari lebih mudah usai menjalani amputasi.

"Saya juga sudah bisa mulai pesan kaki palsu. Tapi, mungkin untuk bisa menggunakannya, dua hingga tiga bulan ke depan," tutur Suti.

Mengenai diabetes, Suti memastikan bahwa hal tersebut bukanlah penyakit keturunan, melainkan pola hidup masa lalunya yang tidak sehat.

Baca Juga: Suti Karno Ungkap Alasan Amputasi Kaki Setelah 18 Tahun Mengidap Diabetes, Pemeran Atun Sesali Satu Hal Ini di Masa Muda