Find Us On Social Media :

Bukan Cuma Makanan Pedas dan Buah Asam, 7 Sayuran ini Juga Pantang Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Ilustrasi sayuran juga bisa menjadi penyebab asam lambung naik

GridHot.ID - Penyakit asam lambung yang sering kambuh memang menyakitkan sekaligus mengganggu aktivitas keseharian.

Penyakit asam lambung merujuk pada kondisi di mana cairan asam di lambung mengalir kembali ke kerongkongan.

Gejala asam lambung dapat berupa sakit tenggorokan, mulut asam atau kering, mulas, kesulitan menelan, mual atau muntah, dan dada nyeri.

Dilansir dari forbes.com, Vanessa Méndez, MD, ahli gastroenterologi bersertifikat triple board dan pendiri Planted Forward, multi- praktik telemedicine integratif khusus, mengungkap soal penyebab asam lambung naik.

Penyebab asam lambung naik di antaranya makanan berlemak dan makanan olahan, konsumsi alkohol, mengalami hernia, serta mengalami obesitas.

Makanan lain yang bisa memicu asam lambung naik antara lain peppermint, cokelat, kafein, susu, buah asam seperti jeruk, tomat, serta makanan yang pedas.

Beberapa jenis sayuran juga bisa menjadi penyebab asam lambung naik sehingga tidak boleh dimakan oleh penderita.

Lalu, apa saja daftar sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung? Berikut ulasan lengkapnya dikutip dari Kompas.com.

1. Sayur Kol

Dilansir dari Kompas.com, kol menjadi salah satu sayuran yang sering menyebabkan timbulnya gas dalam lambung dan dapat memicu naiknya asam lambung.

Hal itu dapat terjadi karena sayuran ini memiliki kandungan gula kompleks atau rafinosa yang perlu dicerna dengan enzim tertentu, yaitu a-galactosidase.

Baca Juga: Berkhasiat Redakan Asam Lambung, Begini Cara Mengolah Brokoli yang Tepat, Jangan Lagi Ditumis dengan Saus Tiram