Find Us On Social Media :

Dulunya Anak Pasar dan Pemburu Ali Kalora, Ini Profil dan Kisah Perjuangan Mayjen TNI Farid Makruf yang Kini Jabat Pangdam V/Brawijaya

Mayjen TNI Farid Makruf resmi menjabat Pangdam V/Brawijaya

Gridhot.ID - Inilah profil Mayjen TNI Farid Makruf yang resmi menjabat Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) V/Brawijaya menggantikan Mayjen TNI Nurcahyanto.

Acara serah terima jabatan (sertijab) itu dipimpin oleh KSAD Jenderal Dudung Abdurachman di Markas Besar AD, Cilangkap, Jakarta Timur pada Rabu (28/12/2022) lalu.

Adapun Farid Makruf sebelumnya menjabat sebagai Wakil Inspektur Jenderal (Wairjen) TNI. Sementara, Nurcahyanto ditarik ke Markas Besar TNI AD dalam rangka pensiun.

Dalam perjalanan kariernya, bisa dikatakan Farid mempunyai kisah perjuangan yang sangat menginspirasi.

Farid yang dulunya cuma anak pasar, berkat ketekunannya dan perjuangannya kini berhasil menjadi jenderal bintang 2.

Perjalanan Farid hingga di titik sekarang tentunya tidak mudah, penuh rintangan dan sempat hampir frustasi.

Dilansir Surya.co.id dari laman tniad.mil.id, Farid yang merupakan putra asli Madura ini membagikan kisahnya semasa kecil yang gemar membaca komik Kho Ping Ho dan gemar menerjemahkan lagu-lagu barat.

Ia pun pernah jadi tukang antar barang ke langganan toko ibunya yang berprofesi sebagai penjual di Pasar tumpah Bangkalan.

Lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1991 ini juga pernah hampir frustasi lantaran mendapat tugas yang tidak sesuai dengan harapannya saat dirinya berpangkat Lettu yang berdinas di Kopassus.

Tapi, berkat doa dan nasihat dari ibunya bahwa apa pun tugas yang diberikan harus diterima sepenuh hati, membuat Farid menyalurkan kekecewaannya dengan mengikuti kursus bahasa Inggris yang berujung dirinya terpilih mengikuti pendidikan ke Inggris untuk mengambil program master padahal dirinya belum punya ijazah S1.

"Saya dinilai memenuhi syarat untuk langsung masuk program master. Tanpa gelar S1," katanya.

Baca Juga: 4 Petinggi KKB Papua Gelar Pertemuan, Danrem 172/PWY Perintahkan Interpol dan BNPT untuk Tangkap Sebby Sambom Cs: Kejar Mereka!