Find Us On Social Media :

Ukraina Minta Jerman Kirim 93 Jet Tempur Tornado ke Negaranya, Padahal Sudah Dipasok Kendaraan Lapis Baja Marder

Jet tempur Tornado milik Jerman yang diincar Ukraina

GridHot.ID - Ukaraina tampaknya mengincar jet tempur Tornado milik Jerman.

Dilansir dari Eurasian Times, Wakil Menteri Luar Negeri Andrii Melnyk, mengimbau pemerintah Jerman pada 15 Januari 2023 untuk mengirim 93 jet tempur Tornado ke Ukraina.

Andrii Melny mengatakan 93 jet tempur Tornado milik Jerman itu akan segera dinonaktifkan untuk kemudian digantikan dengan jet tempur generasi kelima, F-35.

"Saya punya proposal kreatif untuk teman-teman Jerman kita. Bundeswehr memiliki 93 pesawat tempur multiperan Tornado yang akan segera dinonaktifkan dan digantikan oleh F-35," tulis Melnyk di Twitter.

"Namun, itu adalah jet tempur tua, masih sangat kuat. Mengapa tidak mengirimkan Tornado ini ke Ukraina, Kanselir Scholz?" lanjutnya.

Sebelumnya, Melnyk membenarkan pengiriman kendaraan pengangkut personel lapis baja, Marder, dari Jerman ke Ukraina.

Mantan duta besar Ukraina untuk Jerman itu mengungkapkan harapan bahwa "setelah langkah yang telah lama tertunda ini, tidak ada yang akan mencegah Ukraina untuk segera menerima semua senjata berat yang tersedia, termasuk tank tempur, jet tempur, dan kapal perang, untuk menghentikan perang genosida Rusia di jantung Eropa".

Sebagi informasi, pemerintah Jerman mengumumkan kesepakatan membeli 35 jet tempur F-35 dari Amerika Serikat dengan harga $8,4 miliar.

Pembelian jet tempur generasi kelima itu memungkinkan Jerman untuk mengganti pesawat Tornado miliknya yang sudah tua.

Meski Tornado akan segera digantikan F-35, pengiriman pesawat tempur itu ke Ukraina cukup mustahil.

Pesawat tempur Tornado tampaknya masih akan dioperasikan oleh Jerman dalam beberapa tahun ke depan.

Baca Juga: Sebelum Rusia Invasi Ukraina, Pimpinan CIA Ternyata Diam-diam Kunjungi Kyiv, Peringatkan Zelensky soal Ancaman Ini