Find Us On Social Media :

2 Mahasiswa Jadi Simpatisan KKB Papua, Ini Identitas Pemuda yang Diciduk Aparat saat Hendak Selundupkan Senjata Api Lewat Jalur Sungai

Dua simpatisan KKB Papua ditangkap di Kabupaten Boven Digoel pada Rabu (18/1/2023)

Gridhot.ID - Dua simpatisan KKB Papua inisial AH (20) dan MK (22) ditangkap di Kabupaten Boven Digoel, Papua Selatan, Rabu (18/1/2023).

Keduanya ditangkap aparat gabungan TNI-Polri saat hendak menyelundupkan senjata api untuk diserahkan ke KKB Papua melalui jalur sungai ke Pegunungan Bintang.

Melansir Tribun-Papua.com, dua simpatisan KKB Papua itu ditangkap di Pelabuhan Tradisional Iwot, Kampung Sokanggo, Distrik Mandobo, Kabupaten Boven Digoel, Papua Selatan.

Ironisnya, kedua pelaku yang merupakan warga asli Boven Digoel itu berstatus mahasiswa.

Dari tangan mereka, polisi menyita 4 pucuk senjata api laras panjang, 18 amunisi peluru kaliber 12, dan uang tunai Rp 3,8 juta.

Keempat senjata api itu di dibungkus memakai tikar.

Kapolres Boven Digoel AKBP I Komang Budiartha mengatakan, penangkapan tersebut tidak sengaja dilakukan.

Awalnya, personel gabungan merespon laporan tentang orang mabuk yang membuat onar di Pelabuhan Tradisional Iwot, Rabu pagi.

"Setelah merespons, anggota tim patroli menemukan lima orang yang mencurigakan sehingga personel langsung menghentikan mereka."

"Namun pada saat akan dilakukan pemeriksaan, tiga orang di antaranya melarikan diri dan dua orang berhasil diamankan," ujar Budiartha melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (20/1/2023).

Baca Juga: Istri Lukas Enembe Kicep soal Isu Aliran Dana ke KKB Papua, Ini Sosok Yulce Wenda yang Diperiksa KPK, Kuasa Hukum Tegaskan Satu Hal

Kedua orang itu lalu digelandang ke Polres Boven Digoel untuk diperiksa.