Find Us On Social Media :

Punya Banyak Manfaat untuk Pengidap Asam Lambung, Ubi Jalar yang Kaya Antioksidan Bisa Mengusir Mual dan Muntah

Ilustrasi ubi jalar untuk asam lambung.

GridHot.ID - Ubi jalar salah satu camilan sehat yang biasanya digoreng, direbus ataupun dikukus.

Namun, tahukan Anda nilai gizi dan manfaat tanaman palawija ini untuk kesehatan tubuh kita?

Ubi jalar memiliki beragam nutrisi.

Dikutip Kompas.com dari Healthline, dalam 200 gram ubi jalar yang dipanggang beserta kulitnya mengandung fakta nutrisi sebagai berikut:

Kalori 180Karbohidrat: 41 gramProtein: 4 gramLemak: 0,3 gramSerat: 6,6 gramVitamin A: 213 persen dari angka kecukupan gizi (AKG)Vitamin C: 44 persen dari AKGMangan: 43 persen dari AKGTembaga: 36 persen dari AKGAsam pantotenat: 35 persen dari AKGVitamin B6: 34 persen dari AKGKalium: 20 persen dari AKGNiacin: 19 persen dari AKG

Ubi jalar juga kaya antioksidan, terutama varietas berwarna jingga dan ungu.

Ubi jalar atau dengan nama lain Ipomoea batatas merupakan jenis tanaman yang mengandung karbohidrat yang baik bagi kesehatan terutama bagi penderita asam lambung.

Tanaman ubi banyak tumbuh di Indonesia, maka sebagian masyarakat Indonesia terutama di pedesaan, banyak meengonsumsi ubi sebagai sumber kebutuhan sehari-hari untuk memenuhi sumber karbohidrat dan dapat digunakan sebagai pengganti nasi.

Selain karbohidrat, ubi juga kaya akan vitamin C, Vitamin B6, mineral, kalium dan magnesium.

Dengan adanya kandungan tersebut dapat membantu mengurangi gejala asam lambung yang tidak terkontrol, dengan cara mengikat asam lambung di perut.

Ubi juga dapat membantu mengurangi mual dan muntah, yang diakibatkan oleh naiknya asam lambung.

 Baca Juga: Bukan Hanya Kopi Saja, Inilah 5 Jenis Minuman Penyebab Penyakit Asam Lambung Sering Kumat, Ini Penjelasan Lengkapnya