Find Us On Social Media :

Angkat Potensi Daerah, Rumah Baca Tumpi Boyolali Gelar Pelatihan Pembuatan Film Dokumenter Gratis, Ini Jadwal dan Syarat Joinnya

Gambaran kegiatan di Tumpi Readhouse

Laporan Reporter GridHot.ID, Siti Nur Qasanah

GridHot.ID - Tumpi Readhouse merupakan rumah baca yang didirikan pada 16 Juli 2012. 

Bukan cuma tempat baca buku, Tumpi Readhouse yang berlokasi di Dk. Karang RT.16 RW.06 Desa Pentur, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, juga menjadi tempat berbagai kegiatan positif dan edukatif.

Adapun kegiatan di Tumpi Readhouse antara lain Kampanye Ulang Tahun Hijau, kegiatan kelompok Tani Tumpi, kegiatan kelompok UMKM Tumpi, kegiatan TPQ, serta kegitan lain yang bersifat eventual.

Joko Narimo, narasumber yang diwawancarai oleh GridHot.ID, mengatakan bahwa Tumpi Readhouse kini juga tengah fokus pada pelatihan pembuataan film dokumenter dengan mengangkat potensi daerah.

"Sekarang lagi fokus ke dokumenter," ujar Joko Narimo yang dihubungi lewat telepon oleh GridHot.ID pada Selasa (31/1/2023).

"Jadi, mengangkat potensi daerah seperti peternakan atau pengrajin seperti itu," lanjut dia.

Joko Narimo mengatakan Tumpi Readhouse sempat fokus pada pelatihan pembuatan video musik di YouTube.

Namun, kata Joko Narimo, pelatihan pembuatan video musik di YouTube itu dihentikan sementara.

"YouTube sementara off dulu, karena (YouTube) sebenarnya kemarin dipakai untuk kegiatan (mengisi) pandemi," kata Joko Narimo.

"Dulu Tumpi dapat hibah alat dari Bekraf pada 2019 akhir, itu untuk pelatihan YouTube atau dokumenter, intinya buat pembuatan film atau audio visual. Saat pandemi, karena tidak boleh melakukan kumpul-kumpul atau workshop, akhirnya dialihkan pembuatan video musik," jelas dia.

Joko Narimo menerangkan, pelatihan pembuatan video musik dan film dokumenter yang dibuat Tumpi memiliki sasaran berbeda.