Find Us On Social Media :

Berhasil Petakan Daerah Rawan KKB Papua, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Gunakan 3 Pendekatan Ini Buat Atasi Konflik, Simak Penjelasannya

Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri) salam komando dengan Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., (kanan) dalam upacara militer Sertijab Panglima TNI yang digelar di lapangan Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (20/12/2022) - Jenderal Andika Perkasa menyiapkan alustista yang lebih canggi

Laporan Wartawan Gridhot.ID - Akhsan Erido Elezhar

Gridhot.ID - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengaku sudah memetakan daerah-daerah yang rawan Kelompok Kriminal Bersenjata alias KKB Papua.

Dilansir Gridhot.ID dari artikel terbitan Surya.co.id, 3 Februari 2023, berdasarkan pemetaan itu, maka situasi secara keseluruhan di Papua disebut aman dari KKB meskipun masih ada gangguan di sejumlah wilayah.

Hal itu disampaikan oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono selepas rapat kerja membahas situasi Papua dan alutsista bersama Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis 2 Februari 2023.

Yudo memberi contoh daerah yang masih ada gangguan seperti di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan.

"Kalau secara keseluruhan ya bisa dikatakan aman, aman. Tapi kan ada pasti terjadi tadi kayak kemarin di Oksibil terjadi pembakaran sekolah, kemudian ada waktu pesawat akan mendarat ada tembakan, ya seperti itu. Dari dulu seperti itu," ujar Yudo saat ditemui usai rapat bersama Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis 2 Februari 2023.

Lebih lanjut, Yudo menjelaskan pihaknya kini fokus melakukan tiga pendekatan untuk mengatasi konflik di Papua.

Tiga pendekatan yang dimaksud Yudo adalah soft approach, hard approach dan culture approach.

Selain itu, dia juga bakal memetakan daerah-daerah yang rawan dari penyerangan KKB di Papua.

"Sehingga ada tadi yang tiga pendekatan kita laksanakan. Khususnya, kita sudah memetakan daerah mana saja yang tingkat keamanannya bisa kita jamin kemudian ada juga tingkat keamanannya yang masih terjadi (gangguan) tadi, letupan-letupan yang terjadi yang tidak kita duga terjadi," ungkap Yudo.

Baca Juga: KKB Papua Diduga Terima Aliran Dana dari Lukas Enembe, Benny Wenda Bawa-bawa Nama Eksekutif ULMWP Minta Pembebasan Gubernur Papua

Yudo menambahkan bahwa pihaknya telah menempatkan prajurit di daerah yang telah dinilai rawan.