Find Us On Social Media :

Komandan KKB Papua Egianus Kogoya Culik Pilot Susi Air Asal Selandia Baru, Sebby Sambom Nebeng Perhatian Media Internasional Koar-koar Hal Ini

Egianus Kogoya komandan KKB Papua culik pilot Susi Air

Gridhot.ID - Geger terkait kabar pesawat Susi Air yang dibakar oleh terduga KKB Papua.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, sebelumnya Susi Pudjiastuti sempat menyerukan terkait salah satu pesawatnya yang tiba-tiba dilaporkan dibakar di landasan.

Awalnya pesawat Susi Air dilaporkan mendarat dengan selamat di Distrik Paro, Papua, hingga tiba-tiba muncul kendaraan tersebut dibakar orang.

Usai melalui berbagai penyelidikan, pihak kepolisian sempat menduga ada campur tangan KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya dalam insiden tersebut.

Pasalnya, landasan tempat pesawat Susi Air mendarat tersebut diketahui masuk dalam wilayah kekuasaan Egianus Kogoya yang minim penjagaan TNI Polri.

Hingga akhirnya resmi diberitakan pesawat tersebut benar dibakar oleh anak buah Egianus Kogoya dan sang pilot warga negara Selandia Baru diculik sebagai sandera.

Dikutip Gridhot dari Kompas TV, media internasional arus utama dunia ramai memberitakan penculikan dan penyanderaan pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru oleh Kelompok Kriminal Bersenjata yang menamakan diri kelompok separatis Papua, Selasa (7/2/2023).

Selain menculik pilot, kelompok tersebut membakar pesawat kecil milik Susi Air yang membawa enam orang setelah mendarat di bandara terpencil di Provinsi Papua pada Selasa (7/2) pagi, kata Polda Papua dan pernyataan KKB Papua seperti dilaporkan Associated Press.

Kantor berita dunia seperti Associated Press, Reuters, serta media Al Jazeera memberitakan peristiwa tersebut, yang kemudian dikutip berbagai media dunia.

Juru bicara KKB Papua Sebby Sambom menuturkan, personil Tentara Pembebasan Papua Barat, sayap militer Organisasi Papua Merdeka menyerbu pesawat tak lama setelah mendarat di Paro di Nduga, sebuah distrik pegunungan.

Sambom mengatakan, anak buahnya yang dipimpin oleh komandan kelompok Egianus Kogeya membakar pesawat dan menyandera pilotnya, Philips Max Marthin, sebagai bagian dari perjuangan kemerdekaan mereka. Ia meminta semua penerbangan ke Nduga dihentikan.

Baca Juga: KKB Papua Bakar Pesawat dan Sandera Pilot Susi Air, Komisi I DPR Prihatin hingga Minta Panglima TNI Gercep Lakukan Ini