Find Us On Social Media :

Nasib Pilot dan Penumpang Susi Air yang Ditawan KKB Papua Kini Jadi Tanda Tanya, Kapolri Sebut Tim Gabungan Sudah Turun Tangan Lakukan Ini

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan Polri sedang mencari keberadaan pilot pesawat Susi Air yang diduga disandra kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Nduga, Papua Tengah.

GridHot.ID - Pesawat Susi Air dibakar kelompok kriminal bersenjata alias KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya (EK) di Bandara Paro, Nduga, Papua Pegunungan, Selasa (7/2/2023) pagi.

Panglima KKB Papua Ndugama, Egianus Kogoya, bersama pasukan membakar pesawat Susi Air di Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan.

KKB Papua terang-terangan mengaku telah melakukan aksi pembakaran pesawat Susi Air di Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Selasa (7/2/2023).

Melansir Antaranews.com, Komandan Satgas Damai Cartenz Kombes Faizal Rahmadani mengakui nasib pilot berkebangsaan Selandia Baru bersama penumpang Susi Air belum diketahui setibanya di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua. Memang benar hingga kini belum diketahui nasib pilot Susi Air yakni Capten Philips M yang berkebangsaan Selandia Baru, termasuk lima penumpang lainnya. "Hingga kini kami masih belum mengetahui nasib pilot dan penumpangnya," kata Kombes Faizal kepada Antara di Jayapura, Selasa. Faizal menjelaskan insiden dibakarnya pesawat milik Susi Air dengan nomor penerbangan PK-BVY yang terbang dari Timika menuju Paro (Nduga).

Dari laporan yang diterima seharusnya pesawat tersebut kembali ke Timika pukul 07.40 WIT, namun kemudian dilaporkan pesawat tersebut dibakar. "Dari pengecekan yang dilakukan dari udara terlihat pesawat terbakar di ujung lapangan terbang Paro dan diduga dilakukan KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata)," kata Kombes Faizal. Pesawat naas tersebut, lanjut dia, membawa lima penumpang termasuk seorang bayi. "Berbagai upaya saat ini dilakukan untuk menemukan pilot dan penumpang dalam keadaan selamat," ujar Kombes Faizal yang juga menjabat Dirkrimum Polda Papua, yang mengaku saat ini berada di Jakarta.

Baca Juga: KKB Papua Bakar Pesawat dan Sandera Pilot Susi Air, Komisi I DPR Prihatin hingga Minta Panglima TNI Gercep Lakukan Ini

Dilansir dari tribunnews.com, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan Polri sedang mencari keberadaan pilot pesawat Susi Air yang diduga disandra kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Nduga, Papua Tengah.

"Terkait dengan perkembangan dari pilot dan penumpang yang diamankan oleh KKB saat ini sedang dalam pencarian tim gabungan dari Operasi Damai Cartenz," kata Listyo dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (7/2/2023).

Listyo pun memastikan informasi soal hasil pencarian tersebut akan disampaikan secepatnya.

"Untuk hasilnya nanti akan kami informasikan," ujarnya.

Sebelumnya, TNI AD mengungkapkan pesawat Susi Air dibakar di Bandara Paro, Nduga, Papua Pegunungan, Selasa (7/2/2023) pagi.

Pesawat Susi Air dibakar Kelompok Separatis Teroris (KST) di bawah komando Egianus Kogoya.