Find Us On Social Media :

Cuaca Cepat Berubah, Hutan Lebat Wilayah Kekuasaan KKB Papua Egianus Kogoya Sulit Ditembus TNI Polri, Kondisi Pilot Susi Air Masih Misterius

Pori dan TNI berusaha untuk mengevakuasi pilot Susi Air dari wilayah kekuasaan KKB Papua

Gridhot.ID - Komandan KKB Papua Egianus Kogoya sempat mengaku menculik pilot Susi Air.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, sebelumnya dilaporkan pesawat Susi Air dibakar KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya usai mendarat dengan selamat di Distrik Paro.

Sebby Sambom selaku juru bicara KKB Papua sempat menyatakan bahwan pihaknya yang membakar dan menculik pilot pesawat Susi Air.

Diketahui memang distrik Paro sendiri merupakan salah satu wilayah kekuasaan Egianus Kogoya.

Markas TNI dan Polri belum ada di tempat tersebut sehingga masih sangat rawan teror dari KKB Papua.

Meski begitu, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono tak mau percaya begitu saja dengan pengakuan Egianus Kogoya dan Sebby Sambom.

Pihaknya bersama Polri berusaha menerjunkan tim gabungan untuk melakukan evakuasi terhadap para penumpang dan pilot asal Selandia Baru tersebut.

Namun dikutip Gridhot dari Tribun Papua, hingga kini, tim gabungan TNI-Polri masih mencari keberadaan pilot Susi Air di Distrik Paro Nduga, Provinsi Papua Pegunugan pasca aksi pembakaran pesawat dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya, pada Selasa (7/2/2023).

"Pilot Susi Air tersebut apakah diamankan oleh KKB atau simpatisan KKB, dan kami belum bisa pastikan karena tim belum sampai ke Paro," ungkap Wakapolda Papua, Brigjen Ramdani Hidayat kepada Tribun-Papua.com saat jumpa pers di Polres Mimika, Sabtu (11/2/2023).

Ia mengatakan, pencarian pilot akan dilaksanakan terus susuai kesepakatan tim karena hingga saat ini keberadaan pilot belum diketahui.

"Kita belum tahu. Apakah pilot dimanakan KKB atau melarikan diri pasca pembakaran pesawat," katanya.

Baca Juga: Primbon Jawa Menyebut Akan Ada Kabar Baik hingga Segera Muncul Pertengkaran, Simak 5 Arti Kedutan Area Pundak Kanan Berikut Ini