Find Us On Social Media :

Misteri Keberadaan Pilot Susi Air Belum Terkuak, KSAD Mobilisasi Pasukan Elit ke Bumi Cenderawasih, KKB Papua Ketar-ketir?

Ilustrasi pasukan elit

GridHot.ID - Pilot Susi Air Kapten Philips belum ditemukan keberadaannya usai pesawat yang diterbangkannya dibakar KKB Papua Pimpinan Egianus Kogoya di Lapangan Terbang Paro, Nduga, pada Selasa (7/2/2023).

Ada dugaan bahwa Kapten Philips disandera oleh KKB Papua.

Melansir Kompas TV, terakhir kali lokasi keberadaan Kapten Philips terpantau dari GPS, tak jauh dari lokasi pesawat dibakar, namun hanya beberapa jam sinyal GPS kemudian mati.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan pihaknya masih terus mengikuti perkembangan pencarian pilot Pesawat Susi Air.

Prabowo menjelaskan, saat ini Kodam dan Polda setempat terus melakukan penanganan kondisi di Papua sehingga pemerintah menunggu perkembangan selanjutnya.

Sementara itu, dilansir dari Antara News, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengatakan pihaknya memobilisasi pasukan ke Papua pada Jumat (10/2/2023).

"Pada hari ini saya akan ke Halim, saya ingin melihat pasukan yang akan diberangkatkan ke Papua, saya akan memberikan (dukungan) moril kepada mereka," kata Dudung usai Rapim di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Jumat sore.

"Kayaknya, khususnya untuk Paro saja," imbuhnya.

Selain untuk mengevakuasi Pilot Susi Air, Dudung menyebut pemberangkatan pasukan TNI AD untuk mengejar KKB yang melakukan pembakaran Pesawat Susi Air di Lapangan Terbang Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Selasa (7/2).

"Kira-kira begitulah. Dua-duanya, target itu harus tercapai," ujarnya.

Meski demikian, Dudung enggan membeberkan jumlah pasukan dan satuan elite TNI AD mana yang diberangkatkan ke Papua karena merupakan rahasia demi menjaga keamanan.

Baca Juga: Nasib Pilot Susi Air Masih Misteri, Menhan Prabowo Ungkap Hal Ini Soal Keberadaan Kapten Philips: Kita Ikuti