Find Us On Social Media :

Philip Mark Mehrtens Dikabarkan Masih Hilang Kontak, Pangdam XVII Cenderawasih Ungkap Dua Tahapan Operasi Penyelamatan Pilot Susi Air, Ini Penjelasannya

Keberadaan Philips Marthen, pilot Susi Air yang hilang kontak usai terjadi pembakaran pesawat oleh KKB Papua, masih misteri

Laporan Wartawan Gridhot.ID - Akhsan Erido Elezhar

Gridhot.ID - Setelah mengevakuasi 15 pekerja pembangunan puskesmas dari ancaman kelompok bersenjata di Nduga, Papua Pegunungan, TNI- Polri kini tengah menyiapkan operasi penyelamatan pilot susi air, Philip Mark Mehrtens yang hilang pasca pembakaran pesawat.

Dilansir Gridhot.ID dari artikel terbitan SerambiNews, 13 Februari 2023, Kepolisian dan TNI menggandeng tokoh masyarakat dan agama dalam operasi penyelamatan Philips Marthen, pilot Susi Air yang masih hilang kontak.

Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen Saleh Mustafa menjelaskan, ada dua tahapan yang dilakukan TNI- Polri dalam operasi penyelamatan pilot Susi Air yang dikabarkan diculik kelompok kriminal bersenjata ( KKB).

Pertama, yakni dengan membuka ruang dialog dan melakukan pendekatan melalui tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Langkah ini akan terus dievaluasi, sejauh mana keberhasilan dari dialog yang dilakukan.

"Kedua, hard approve. Hard approve ini mencari dan melakukan penegakan hukum. Kalau dalam militer, operasi pembebasan," ujar Saleh.

Terpisah, Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo menjelaskan, pendekatan dengan tokoh masyarakat dan agama diharapkan dapat membuka komunikasi dengan pihak siapa pun di distrik Paro yang mengetahui keberadaan pilot Susi Air.

Menurut Benny, saat ini tim gabungan TNI- Polri sedang mengupayakan mencari tahu kondisi terkahir kapten Philips.

"Kami mengedepankan pendekatan pada tokoh-tokoh adat, tokoh masyarakat dan agama melalui pemerintah daerah Untuk membantu aparat kepolisian dan  TNI untuk membuka ruang komunikasi dengan pihak siapapun di distrik Paro," ujar Benny, Sabtu (11/2/2023).

Baca Juga: Bikin Penyakit Asam Lambung Kumat, 4 Makanan Ini Terlarang Dikonsumsi

Saat ini tim gabungan TNI- Polri telah dikerahkan untuk menyisir pengunungan Papua mencari pilot pesawat Susi Air, Philips Max Marthens.