Find Us On Social Media :

dr Zaidul Akbar Sebut Cara Kerjanya Lebih Luas daripada Antasida, Simak Solusi Herbal untuk Mengatasi Maag Saat Berpuasa Ramadhan

Ini jadinya kalau kita minum air rendaman kurma saat menderita maag

GridHot.ID - Salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami saat puasa ialah naiknya asam lambung atau sakit maag.

Penyakit maag merupakan penyakit yang bisa menimbulkan rasa nyeri pada bagian perut yang disebabkan oleh lambung.

Selain obat-obatan medis, ada pula solusi herbal untuk mengatasi penyakit maag saat berpuasa di Ramadhan seperti yang dijelaskan dr Zaidul Akbar.

Melansir posbelitung.co, gastritis atau kerap dikenal awam dengan penyakit maag adalah salah satu gangguan pencernaan yang kerap menyerang.

Dilansir dari Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan, penyakit ini terjadi lantaran lapisan lendir atau lapisan bagian dalam lambung meradang.

Faktor penyebab maag bisa berasal dari pola makan tidak sehat, tingkat stres yang tinggi, penggunaan obat tertentu, kebiasaan minum alkohol, sampai infeksi bakteri.

Ketika terkena penyakit ini, penderita bisa merasakan gejala maag seperti sakit perut terutama di bagian ulu hati, mual dan muntah, perut terasa penuh atau begah, sakit kepala, atau tidak enak badan.

Apabila penyakit ini dibiarkan, penderita bisa mengalami penyakit maag kronis yang parah akibat lapisan lambung semakin menipis dan terjadi pendarahan.

Dilansir dari banjarmasinpost.co.id, penyakit maag dapat mengganggu penderitanya untuk melaksanakan puasa Ramadhan, dr Zaidul Akbar memberikan solusinya.

Maag salah satu penyakit yang ditandai adanya rasa sakit atau tidak nyaman pada perut bagian atas.

Ciri-ciri maag lainnya terdapat rasa mual saat atau setelah makan. Bahkan pada maag kronis, ditandai adanya rasa terbakar di bagian dada.

Baca Juga: Puasa Jadi Lancar, Air Putih Ternyata Bisa Menjaga Penderita Maag Agar Tidak Kambuh, Begini Penjelasan Dokter