Find Us On Social Media :

Diajarkan Aa Gym, Simak Amalan Doa yang Bisa Jadi Pembuka Agar Semangat Meraih Hati yang Bersih

Ilustrasi cara menghilangkan pikiran kotor.

GridHot.ID - Setiap umat muslim dianjurkan untuk selalu menjaga pikiran agar selalu bersih.

Berikut ini amalan doa untuk menghilangkan pikiran kotor.

Amalan doa tersebut bisa memantapkan hati untuk tak mengulangi berbagai perbuatan dosa dan Maksiat.

Melansir bangkapos.com, tidak ada yang mengetahui seperti apa isi hati seseorang. Hanya orang tersebut, serta Allah SWT yang mengetahui isi hati seseorang.

Sebagai seorang manusia, tentu ada pikiran- pikiran tertentu yang melintas dan tak dapat dihindari. Padahal, dalam Islam kita diharuskan untuk menjaga pikiran dan hati.

Agar jiwa kita selalu ditetapkan dalam ketakwaan, ada sebuah doa yang perlu dibaca oleh orang Islam.

Berikut ini adalah doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, agar ummatnya mampu mengendalikan hawa nafsu yang bergejolak dalam diri termasuk dalam menjaga pikiran dari hal-hal kotor. Salah satu di antaranya adalah memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Allah berfirman dalam surat Yusuf Ayat 53 yang artinya: Dan aku tidak (menyatakan) diriku bebas (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu mendorong kepada kejahatan, kecuali (nafsu) yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Dalam sebuah hadis Nabi dituturkan, Rasulullah benar-benar menyuruh bagi umat Islam untuk mengendalikan nafsu dengan sebuah analogi peperangan. Analogi tentang betapa beratnya melawan hawa nafsu yang bergejolak dalam diri.

Perintah Nabi dalam sebuah hadis, 'Berjuanglah untuk melawan hawa nafsumu sebagaimana kamu berjuang melawan musuh-musuhmu.''

Meski begitu, Nabi juga mengajarkan sebuah doa untuk melawan dan mengendalikan hawa nafsu ini. Anda bisa membaca doa ini setelah salat wajib maupu di waktu-waktu mustajab lain untuk doa.

Baca Juga: Ustaz Adi Hidayat Berpesan Agar Dibaca Laki-laki Usai Shalat Jumat, Amalan Doa Pendek Ini Ternyata Simpan Manfaat Luar Biasa