Find Us On Social Media :

KKB Papua Egianus Kogoya Tebar Ancaman, Warga Kampung Alama Minta Pertolongan Aparat, Pangdam XVII/Cenderawasih: 18 Orang Dievakuasi

Sebanyak 18 warga dievakuasi ke Mimika imbas dari ancaman KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya di wilayah Nduga

Gridhot.ID - Teror KKB Papua menghantui pekerja bangunan puskesmas dan warga sipil di Kampung Alama, Distrik Yenggelo, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Sebanyak 10 pekerja puskesmas memilih meninggalkan Kampung Alama, imbas dari ancaman KKB Papua pimpanan Egianus Kogoya, Senin (20/2/2023).

Selain pekerja bangunan, ada 8 warga yang juga takut dengan ancaman KKB Papua dan meminta ikut keluar dari Kampung Alama. Tim gabungan TNI-Polri akhirnya mengevakuasi mereka ke Timika, Kabupaten Mimika menggunakan helikopter untuk mencegah gangguan KKB Papua selama dua pekan ini.

Melansir dari Tribun-Papua.com, evakuasi berlangsung pukul 10.00 WIT. Ada 3 helikopter dikerahkan.

Adapun Kampung Alama berdekatan dengan Kantor Distrik Yenggelo.

Satu di antara warga yang dievakuasi, Atmin Gwijangge, mengaku menerima kabar KKB Papua hendak melancarkan teror di kampungnya.

Kabar itu menyusul pembakaran pesawat Susi Air serta penyanderaan pilot di Distrik Paro.

Karena itu, dirinya meminta pertolongan kepada pihak keamanan.

Sementara itu, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Muhammad Saleh Mustafa menyebut, Puskesmas Alama baru saja selesai dikerjakan.

"Jadi dengan adanya kejadian di Distrik Paro kemudian mereka menyelamatkan diri karena ada informasi yang penyanderaan diterima," ujar Saleh dalam jumpa pers di Timika, Senin (20/2/2023).

Baca Juga: 'Singa Tua' KKB Papua Berulah, Titus Murib Kwalik Jadi Dalang Pembakaran Rumah, Ini Sosoknya yang Pernah Muncul Serukan Perang

Sekadar diketahui, perjalanan dari Kampung Alama menuju Distrik Yenggelo ditempuh dengan jalan kaki selama satu hari, satu malam.