Find Us On Social Media :

Jokowi Tegaskan Ibu Kota Pindah ke IKN Nusantara Bukan Gagasannya, Bongkar Nasib Jakarta Usai Semuanya Pindah Total

Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo saat kunjungan ke Kalimantan Tengah.

Gridhot.ID - Presiden Jokowi menyatakan siap untuk memindahkan ibukota Indonesia dari Jakarta ke Nusantara yang berada di Kalimantan.

Dikutip Gridhot dari Tribunnews, salah satu anggota DPD RI mengaku keinginan untuk memindahkan ibu kota Indonesia dari Jakarta sudah ada sejak zaman dahulu.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Fahrul Razi mengapresiasi Jokowi yang telah sukses merealisasikan cita-cita yang sudah sangat lama itu.

Setelah lebih dari 70 tahun, akhirnya perpindahan ibu kota berhasil diwujudkan oleh Jokowi.

“Jadi perubahan pergeseran ibu kota ke Kalimantan adalah hal bagaimana mencoba mesentralisaaikan Indonesia, bukan mensentralisasikan Pulau Jawa. Selama ini kan jawanisasi, yang coba pemerintah lakukan adalah Indonesiaisasi,” katanya.

Presiden Jokowi pun kembali menegaskan bahwa pindahnya ibukota Indonesia bukanlah semata-mata gagasannya.

Dikutip Gridhot dari Kompas TV, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkap pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN Nusantara bukanlah gagasannya melainkan ide dari Presiden RI ke-1, Soekarno.

Jokowi menuturkan bahwa sejak tahun 1960-an, Bung Karno sudah berencana memindahkan ibu kota Indonesia ke Kalimantan.

"Yang perlu saya ingatkan, bahwa kita pindah ke IKN Nusantara ini juga bukan gagasan saya. Endak, ini sudah sejak Bung Karno" ujar Jokowi saat sambutan pembukaan Muktamar ke- XVIII Pemuda Muhammadiyah di Balikpapan, Kalimantan Timur dikutip dari tayangan Kompas TV, Rabu (22/2/2023).

"Tahun 1960, Bung Karno sudah akan memindahkan Ibu Kota (dari) Jakarta ke Kalimantan, yaitu di Palangkaraya," lanjutnya.

Jokowi mengatakan, alasan utama pemerintah akhirnya memutuskan memindahkan ibu kota RI ke Nusantara yakni untuk pemerataan.

Baca Juga: Gantungkan Nyawanya Pada Seutas Tali, Begini Kisah Kopda Ahmad Novrizal yang Berputar-putar di Udara Saat Evakuasi Kapolda Jambi