Find Us On Social Media :

Tradisi Umat Muslim Tanah Air Sebelum Ramadhan, Ini Amalan Doa Arwah Khususon yang Bisa Dibaca Saat Ziarah Makam Jelang Puasa

ilustrasi amalan doa ziarah kubur

GridHot.ID - Jelang Ramadhan 2023, umat muslim sering melaksanakan ziarah kubur.

Diketahui beberapa umat Muslim akan berbondong-bondong untuk ziarah kubur menjelang Bulan Ramadhan.

Kini jadwal 1 Ramadhan 1444 Hijriah atau awal dimulainya ibadah Puasa Ramadhan menurut Muhammadiyah, ditetapkan pada Kamis, 23 Maret 2023.

Melansir tribungorontalo.com, Rasulullah SAW dulu pernah melarang umatnya untuk melakukan ziarah kubur, tapi hal itu sudah diperbolehkan kembali.

Berkaitan dengan hal ini, Rasulullah bersabda dalam salah satu haditsnya: كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَزُورُوهَا

"Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, tapi (sekarang) berziarahlah kalian," (HR. Muslim).

"Tujuannya untuk mengingatkan kematian. Rasul dulu pernah melarang untuk ziarah kubur."

"Ketika zaman jahiliyah dulu orang-orang datang ke kuburan untuk meratapi kematian, menangisi dijadikan tempat sesembahan, maka Rasul melarang untuk ziarah kubur."

"Tapi ketika Islam sudah kuat, Rasul kemudian memperbolehkan ziarah kubur. Karena ziarah kubur dapat mengingatkan kita pada kematian," kata Nasruddin di Program Oase Tribunnews, Jumat (4/3/2022).

Pelaksanaan ziarah kubur mesti dilakukan dengan niat bersih, yakni untuk mengingat kematian.

Apabila ziarah kubur ditujukan untuk mendapatkan berkah dan minta doa restu atau wangsit maka hal itu tidak di bolehkan.

Baca Juga: Dijanjikan Kemudahan dalam Setiap Kesulitan, Simak 3 Amalan Doa Agar Segera Dapat Pekerjaan