Find Us On Social Media :

Cara Mengobati Asam Lambung dengan Kunyit, Pahami Aturan Konsumsinya

Ilustarsi cara mengobati asam lambung dengan kunyit

Gridhot.ID - Penyakit asam lambung adalah kondisi naiknya asam lambung ke kerongkongan yang menimbulkan sensasi terbakar di dada.

Penyakit yang juga dikenal dengan sebutan GERD ini disebabkan oleh melemahnya otot bagian bawah kerongkongan atau lower esopagheal sphincter (LES).

Gejala umum ketika asam lambung naik adalah munculnya rasa mual, muntah, dada terasa seperti terbakar, dispepsia, sakit tenggorokan dan batuk kering.

Kondisi naiknya asam lambung ini tentu menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab ada berbagai cara untuk mengatasinya dan salah satunya dengan menggunakan kunyit.

Melansir dari Kompas.com, kunyit mengandung senyawa anti-peradangan dan antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Selain itu, kunyit mengandung kurkumin yang berperan sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Beberapa penelitian di laboratorium menunjukkan, manfaat kunyit dapat digunakan untuk mengatasi gejala asam lambung naik seperti heartburn (sakit perut atas sampai ke dada).

Selain itu, sebuah penelitian pada 2011 menunjukkan zat anti-inflamasi dari kurkumin bisa mencegah peradangan esofagus yang disebabkan naiknya asam lambung ke tenggorokan.

Aturan konsumsi kunyit untuk mengobati asam lambung

Meski kunyit efektif mengatasi asam lambung, Anda sebaiknya tidak mengonsumsinya secara sembarangan.

Baca Juga: Jangan Asal, Ketahui Cara Mengolah Temulawak Jadi Obat Herbal Asam Lambung dan Dosis yang Dianjurkan