Find Us On Social Media :

KKB Papua Tembak Pesawat Trigana Air di Yahukimo, 1 Penumpang Terkena Serpihan Pecahan Kursi, 7 Terduga Pelaku Ditangkap

ILUSTRASI - Pesawat Boeing Trigana TGN 222 dikabarkan ditembak saat take off di Bandara Nop Goliat Dekai Yahukimo, Papua Pegunungan.

GridHot.ID - KKB Papua kembali berulah. Kelompok kriminal bersenjata itu menembak pesawat Trigana Air dengan nomor penerbangan PK-YSC pada Sabtu (11/3/2023).

Melansir Kompas TV, Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignasius Benny Ady Prabowo menjelaskan, penembakan yang dilakukan KKB Papua diduga dilakukan saat pesawat Trigana Air ingin mendarat dan lepas landas.

Penembakan pertama terjadi saat pesawat ingin mendarat di Bandar Udara Nop Goliat di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua.

Untung saja, pesawat yang membawa 55 penumpang dan kru itu berhasil mendarat dengan selamat. Saat dicek tidak ditemukan proyektil di badan pesawat.

Tak lama kemudian, saat pesawat lepas landas menuju Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, terjadi lagi penembakan. Ketika itu, pesawat membawa 66 penumpang dan kru.

Menurut Benny penembakan pesawat Trigana Air itu sekitar Pukul 13.35 WIT.

Aparat keamanan kemudian memeriksa badan pesawat lantaran sudah dua kali menjadi sasaran tembak KKB setelah mendarat di Bandara Sentani.

"Saat dilakukan pengecekan kembali di Bandara Sentani Jayapura terdapat satu lubang bekas tembakan di bawah pesawat dan satu penumpang terkena serpihan pecahan kursi," ujar Benny.

7 terduga pelaku ditangkap

Melansir Kompas.com, Tim Gabungan mengamankan tujuh orang di sekitar TKP dan beberapa barang bukti antara lain tiga unit motor, satu buah panah, satu buah pisau, satu buah sabit, satu buah busur, dan satu buah sangkur.

"Tidak ditemukan senjata api yang digunakan menembak pesawat. Kami masih terus mendalami apakah tujuh orang yang diamankan itu terlibat aksi tersebut atau tidak," kata Benny.

Baca Juga: Potret Terbaru Kapten Philips yang Disandera KKB Papua, Jubir OPM Minta Selandia Baru Lakukan Ini Segera