Find Us On Social Media :

Terjunkan Aparat Gabungan TNI/Polri Buat Bebaskan Pilot Susi Air, Panglima TNI Ungkap Kesulitan Kendala Ini Buat Hadapi KKB Papua, Yudo Margono: Tetap Kita Usahakan

Egianus Kogoya kembali bocorkan video propaganda mengenai penyanderaan pilot Susi Air.

Laporan Wartawan Gridhot.ID - Akhsan Erido Elezhar

Gridhot.ID - Hingga saat ini, aparat keamanan belum berhasil membebaskan pilot maskapai Susi Air Captain Philip Mark Mehrtens yang disandera oleh anggota KKB Papua.

Captain Philip Mark Mehrtens disandera sejak 7 Februari 2023 lalu.

Dilansir Gridhot.ID dari artikel terbitan TribunToraja, 14 Maret 2023, padahal, aparat gabungan dari TNI dan Polri telah melakukan operasi pencarian untuk membebaskan sang pilot.

Namun, sebulan lebih telah berlalu pilot tersebut belum berhasil dibebaskan.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan upaya pembebasan pilot Susi Air, Captain Philip Mark Mehrtens, menemui kendala medan di Papua yang sulit.

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya yang menyandera pilot Susi Air juga disebut sering berpindah lokasi dan menggunakan masyarakat sipil sekitar sebagai tameng.

"Tentunya medan, kedua pasti mereka kan dibawa terus sama mereka, dan tentunya tidak lepas dari masyarakat sana. Karena dia bukan gerombolan yang sendiri melawan tapi selalu menggunakan masyarakat untuk tameng," kata Yudo dalam tayangan Kompas TV, Senin (13/3/2023).

Yudo menegaskan TNI bersama Polri masih terus mengupayakan pembebasan pilot Susi Air dan menghindari adanya korban jiwa dari pihak masyarakat.

Ia mengaku upaya pembebasan ini tidak mudah namun akan terus diusahakan.

Baca Juga: Lowongan Kerja Lulusan S1, BUMN Indofarma Buka Kesempatan Emas di Posisi Ini, Simak Syarat dan Cara Mendaftarnya

"Tetap kita usahakan, saya tidak mau terjadi korban. Sehingga harus, tidak mudah memang di medan Papua, tapi tetap kita usahakan karena supaya tidak ada korban dari masyarakat," katanya.