Find Us On Social Media :

Timnas Israel Ditolak Berlaga di Indonesia, Plt Menpora Tak Mau Berkomentar Banyak, Singgung Wewenang Mahfud MD dan Menlu Retno

Polemik penolakan timnas Israel mentas di Piala Dunia U-20 di Indonesia.

GridHot.ID - Timnas Israel berhak tampil di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia setelah menjadi finalis Piala Eropa U-19.

Akan tetapi, kelolosan Israel tersebut tidak disambut positif oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Melalui media sosial, mereka menyuarakan agar pemerintah menolak Israel berkompetisi di Piala Dunia U-20 tahun ini.

Salah satu pihak yang menyuarakan pendapat soal itu adalah Pertai Keadilan Sejahtera (PKS). Partai tersebut menyuarakan melalui akun resmi DPP PKS di Twitter pada Rabu (8/3/2023).

Melansir Kompas.com, Pelaksana Tugas Menteri Pemuda dan Olahraga (Plt Menpora) Muhadjir Effendy tak mau berkomentar banyak atas penolakan sejumlah pihak terkait keikutsertaan tim nasional Israel dalam Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Muhadjir mengaku belum membicarakan hal itu karena berkaitan dengan wewenang yang dimiliki Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD serta Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi.

"Belum saya bicarakan secara mendalam karena itu berkaitan dengan domainnya Ibu Menteri Luar Negeri dan Pak Menko Polhukam, sementara Pak Menko Polhukam masih di Australia," kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Namun, Muhadjir bakal segera memberikan penjelasan mengenai masalah itu setelah serah terima jabatan dengan mantan Menpora, Zainudin Amali.

"Insya Allah besok sudah ada serah terima saya dengan Pak Zainudin Amali, mungkin saya baru besok bisa memberi penjelasan ke teman-teman," ujar Muhadjir.

Sementara itu, melansir Tribunnews.com, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan jika menampilkan Timnas Israel akan jadi permasalahan bagi masyarakat Indonesia.

MUI juga sempat mengingatkan soal pemerintah dan negara Indonesia yang berkomitmen kuat untuk tidak membuka hubungan diplomatik dengan Israel selama persoalan penjajahan Palestina belum selesai.

Baca Juga: Desak Presiden Jokowi dan Ketua DPR RI, Viral Aliansi Solo Raya Tolak Timnas Israel Ikut Piala Dunia U-20, Begini Tanggapan Ketua Umum PSSI