Find Us On Social Media :

Melayat Pakai Pakaian Serba Hitam, Ustaz Abdul Somad Bongkar Hukumnya dalam Islam

Datang ke pemakaman dengan pakaian serba hitam

Gridhot.ID - Ustaz Abdul Somad menjelaskan hukum dari menggunakan pakaian serba hitam saat datang melayat atau takziah.

Ustaz Abdul Somad kemudian mengeluarkan peringatan jika ada yang nekat menggunakan pakaian serba hitam saat melayat.

Berikut penjelasan Ustaz Abdul Somad tentang hal ini.

Dikutip Gridhot dari laman resmi Kemenag, takziah atau melayat adalah menurut bahasa berasal dari kata ‘azza-yu’azzi-ta’ziah artinya menghibur dan menyebarkan.

Dalam arti menyebarkan orang-orang yang ditinggal wafat keluarga mereka dengan menceritakan hal-hal yang dapat menghibur dan meringankan kesedihan mereka.

Sedangkan menurut istilah, takziah ialah menyuruh bersabar, membuat keluarga mayit terhibur dan bersabar dengan sesuatu yang bisa meringankan musibah yang mereka terima. (Abu Bakar Jabir, 2003:391).

Dikutip Gridhot dari Banjarmasin POST, saat ini tampak sebagian orang memakai baju serba hitam ketika melayat atau ke pemakaman, Ustadz Abdul Somad menyebut tidak harus mengkhususkan warna pakaian tertentu.

Menurut Ustadz Abdul Somad ada aturan atau adab dalam Islam dalam melayat bagi kaum muslim.

Ustadz Abdul Somad menjelaskan dilarang melayat ke rumah duka menggunakan pakaian serba hitam.

"Sebab hal itu mengikuti orang kafir. Namun jika seseorang sudah terbiasa memakai pakaian warna hitam tak masalah, bagi yang biasanya memakai kuning, merah, coklat, dan lain-lain kemudian mengkhususkan pakai warna hitam saat melayat tidak boleh," jelas Ustadz Abdul Somad dikutip Banjarmasinpost.co.id dari kanal youtube DUNIA ISLAM.

Siapapun yang sengaja atau menyengaja memakai pakaian hitam saat berduka mengikuti tradisi orang-orang kafir.

Baca Juga: 4 Tahun Cerai, Gisella Anastasia Sebut Berpisah dengan Gading Marten Keputusan yang Salah: Kami Kurang Berilmu