Find Us On Social Media :

3 Anak Buah Egianus Kogoya Tewas Diburu Aparat, Danrem 173/PVY Sebut Ada Jasad Anggota KKB Papua yang Dibawa Kabur Rekannya

Ilustrasi aparat TNI-Polri memburu KKB Papua yang menembak tukang ojek di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak

Gridhot.ID - Tiga anggota KKB Papua tewas saat diburu aparat gabungan TNI-Polri pada Rabu (22/3/2023).

Aparat gabungan TNI-Polri memburu KKB Papua yang menembak seorang tukang ojek bernama Irwan di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, pada hari yang sama.

Dandim 173/PVY, Brigjen Sri Widodo mengatakan, pasca kejadian penembakan, tim gabungan melakukan pengamatan menggunakan drone dan mengetahui adanya pergerakan KKB Papua.

"Kami lakukan pengamatan dan mengetahui adanya pergerakan KKB yang terlihat membawa 2 pucuk senjata api laras panjang," ujarnya secara tertulis, diterima Tribun-Papua.com, Kamis (23/3/2023).

Aparat TNI-Polri lalu mengejar KKB Papua hingga ke arah jembatan dekat PT Unggul.

"Setelah dipastikan keberadaan KKB, tim gabungan berusaha mengejar mereka yang sedang berusaha melarikan diri," katanya.

Menurutnya, dalam pengejaran itu personel TNI-Polri kemudian melepaskan tembakan terukur dan dipastikan telah menewaskan 3 anggota KKB Papua.

"Tiga orang KKB kami berhasil lumpuhkan, mereka bertiga ini yang terlihat melalui drone membawa senjata laras panjang," ujarnya.

Widodo menjelaskan, 2 jenazah dari tiga anggota KKB Papua dibawa lari oleh rekan-rekannya, sementara satu jenazah dievakuasi personel TNI-Polri ke Mapolres Puncak.

"Jenazah yang berhasil kita amankan hanya satu orang, namanya Enius Tabuni (22), sedangkan dua jenazah KKB dibawa oleh rekanya," terangnya.

Enius Tabuni adalah anggota KKB Papua di wilayah Kabupaten Puncak, Papua Tengah dan merupakan salah satu kelompok Egianus Kogoya.

Baca Juga: KKB Papua Pura-pura Jadi Penumpang, Keji OPM Habisi Nyawa Tukang Ojek di Distrik Ilaga, Keluarkan Senjata saat Korban Nunggu Dibayar