Find Us On Social Media :

Egianus Kogoya Dibongkar Masa Kecilnya, Sosok Intelektual Ini Sebut Bos KKB Papua Dulu Minderan dan Tertutup, Begini Kisahnya

Egianus Kogoya, pimpinan KKB Papua yang kini menyandera pilot Susi Air

Gridhot.ID - Pimpinan KKB Papua Egianus Kogoya dikenal sadis dan tak segan melakukan serangan brutal dengan membunuh warga sipil maupun aparat TNI-Polri.

Terbaru, Egianus Kogoya menyandera pilot Susi Air, Kapten Philips Marthen setelah KKB Papua membakar pesawat di Bandara Paro, Nduga, Papua Pegunungan.

Kelompok Egianus Kogoya telah menyandera Kapten Philips Marthen selama lebih satu bulan.

Melansir dari Tribun-Medan.com, catatan kejahatan Egianus Kogoya dimulai pada Desember 2017. Ia sudah dikategorikan sebagai teroris.

Berdasarkan catatan, Egianus telah melakukan 65 kali aksi kekerasan bersenjata yang menyebabkan 74 orang luka-luka dan meninggal.

"74 orang yang meninggal dan luka-luka itu terdiri dari aparat keamanan dan warga sipil," kata Kasatgas Humas Damai Cartenz Kombes Donny Charles Go di Jayapura.

Dijelaskan, aksi kekerasan bersenjata yang dilakukan sejak tahun 2017 itu terdiri dari 31 aksi penembakan, 16 aksi kontak tembak, delapan aksi penyerangan, 3 aksi pembantaian dan 2 aksi pembakaran.

Kelompok Egianus juga tercatat pernah melakukan aksi pembunuhan, pemerkosaan, penganiayaan, pengancaman, dan penyanderaan pilot.

"Polda Papua telah menerbitkan 16 orang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) untuk dilakukan tindakan hukum," ujar Donny.

Lalu siapa sebenarnya Egianus Kogoya?

Melansir dari Tribunnews.com, Egianus Kogoya merupakan pimpinan KKB Papua di Kabupaten Nduga.

Baca Juga: Komandan Operasi Damai Cartenz Turun Tangan, Ini Profil Kombes Faizal Ramadhani yang Kerahkan Pasukan untuk Amankan 3 Wilayah Rawan KKB Papua