Find Us On Social Media :

Pimpinan KKB Papua Nduga Tercatat Lakukan 65 Kali Kejahatan, Terkuak Alasan Egianus Kogoya Jadi Sosok Bengis, Polahnya Saat Upacara Disorot

Egianus Kogoya

GridHot.ID - KKB Papua kelompok Egianus Kogoya memang tak pernah berhenti menebar teror.

Egianus Kogoya yang merupakan pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah Nduga disebut sempat berada di Kampung Pimbinom, Distrik Kuyawage, Kabupaten Lanny Jaya, Papua Pegunungan.

Namun, apakah ada alasan mengapa pimpinan KKB Papua itu menjadi sosok yang bengis?

Dilansir dari tribun-medan.com, Egianus Kogoya seorang pimpinan dalam gerakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Egianus Kogoya menjadi target utama Polri dan TNI yang menggerakan Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Terbaru, Egianus Kogoya menyandera Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens. Pasukan Egianus Kogoya telah menyandera Phillip selama lebih satu bulan.

Egianus sudah terkenal memiliki catatan kriminal besar di Indonesia. Ia sudah dikategorikan sebagai teroris.

Berdasarkan catatan, Egianus telah melakukan 65 kali aksi kekerasan bersenjata yang menyebabkan 74 orang luka-luka dan meninggal.

"74 Orang yang meninggal dan luka-luka itu terdiri dari aparat keamanan dan warga sipil," kata Kasatgas Humas Damai Cartenz Kombes Donny Charles Go di Jayapura.

Dijelaskan, aksi kekerasan bersenjata yang dilakukan sejak tahun 2017 itu terdiri dari 31 aksi penembakan, 16 aksi kontak tembak, delapan aksi penyerangan, tiga aksi pembantaian dan dua aksi pembakaran.

Kelompok Egianus Kogoya juga telah tercatat pernah melakukan aksi pembunuhan, pemerkosaan, penganiayaan, pengancaman, dan penyanderaan pilot.

"Polda Papua telah menerbitkan 16 orang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) untuk dilakukan tindakan hukum," ujar Donny.

Baca Juga: Enius Tabuni Termasuk 3 Anggota KKB Papua yang Tewas Ditembak TNI-Polri, Sosoknya Punya Hubungan Ini dengan Egianus Kogoya