Find Us On Social Media :

Heboh Informasi Minum Oralit Saat Ramadan Bisa Cegah Dehidrasi hingga Bikin Panic Buying, Kemenkes Buka Suara: Bukan untuk Orang Sehat

Benarkah minum oralit saat sahur bisa bikin tahan haus?

GridHot.ID - Baru-baru ini tengah viral informasi yang menyebutkan bahwa meminum oralit saat sahur bisa membuat tahan haus saat puasa dan mencegah dehidrasi.

Informasi tersebut pun membuat banyak orang menjadi panic buying dan membuat oralit menjadi habis di sejumlah apotek.

Terkait beredarnya informasi tersebut, pihak Kemenkes akhirnya buka suara.

Melansir tribun-medan.com, belakangan ini viral di media sosial Twitter cuitan yang menyebutkan bahwa oralit dapat menahan haus dan dehidrasi saat puasa.

Cuitan ini bermula saat Dokter spesialis anak Kurniawan Satria Denta membuat kutipan retweet di Twitter salah satu akun yang menanyakan kebenaran fungsi oralit yang disebut bisa membantu menahan dehidrasi dan mengurangi rasa haus saat berpuasa.

Aku pernah dengerin podcast @sdenta dan katanya emang bisa buat menahan cairan yang masuk pas sahur biar nggak cepet haus. Bukankah begitu dokden?” tulis cuitan tersebut.

Cuitan itu kemudian dibalas oleh Dokter spesialis anak tersebut. Menurutnya, tips ini berguna bagi tubuh agar tak kekurangan cairan selama puasa lantaran tak minum seharian.

"Betul. Tips puasa saya, sahur cukup segelas oralit dan segelas air putih. Batalin puasa juga cukup segelas oralit dan segelas air putih, lanjut hidrasi secukupnya sampai sebelum tidur. Makan besar sekali, sebelum Isya, banyakin serat. Hindari buffet ayce, sisanya fokes ibadah," tulis Denta dalam kutipan re-tweet itu.

Pernyataan tersebut sontak membuat warganet beramai-ramai membeli obat tersebut. Bahkan, salah seorang warganet kesalkan hal tersebut lantaran dinilai “panic buying”.

Pada salah satu base di Twitter, warganet itu menyayangkan hal demikian. Ia mengatakan bahwa oralit tersebut sudah habis terjual di apotek sekitar rumahnya, padahal saat itu sang nenek tengah diare dan sangat membutuhkan larutan tersebut.

Kayaknya gara gara rame di base sebelah, aku barusan nyari ini ke 4 apotek deket rumah tapi cuma dapet 3 sachet doang karena pada abis padhal buat nenek ku yg emang lagi diare, plis gais jgn panic dan over buying yaa,” tulis cuitan pada base @tanyakanrl.

Baca Juga: Alami Kontraksi Tak Terduga, Viral Detik-detik Penumpang KRL Melahirkan di Stasiun Duri, Terungkap Inilah Kondisi Ibu dan Bayinya