Find Us On Social Media :

5 Pilihan Obat Asam Lambung, Ampuh Redakan Nyeri Perut dengan Harga Terjangkau

Ilustrasi obat asam lambung

Gridhot.ID - Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah gangguan pencernaan yang memengaruhi cincin otot antara kerongkongan dan perut.

Otot kerongkongan bagian bawah yang melemah menyebabkan kerongkongan tetap terbuka. Ini membuat asam lambung naik kembali ke kerongkongan.

Gejala utama dari asam lambung naik adalah rasa seperti terbakar di dada (heartburn), yang bisa memburuk setelah makan atau saat berbaring.

Gejala ini dapat disertai dengan keluhan gangguan pencernaan lainnya, seperti nyeri perut, sering bersendawa, mual dan muntah, sesak napas, serta mulut terasa asam.

Meski tidak mengancam jiwa, penyakit asam lambung perlu ditangani agar tidak menimbulkan komplikasi, seperti esofagitis, esofagus barrett, serta kanker kerongkongan.

Pilihan Obat Asam Lambung

Melansir dari GridHealth.id, inilah beberapa obat untuk meredakan asam lambung yang disertai dengan nyeri perut dan bisa didapatkan di apotek.

1. Ranitidine

Ranitidine merupakan obat generik dengan zat aktif yang dapat mengatasi kelebihan cairan asam lambung dan mengurangi nyeri di ulu hati.

Obat asam lambung ini bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 229-543 per tablet. Hanya saja, tidak bisa dibeli sembarangan dan butuh resep dokter.

2. Mylanta

Baca Juga: 9 Pilihan Obat Asam Lambung Alami yang Ampuh Meredakan Gejalanya