Find Us On Social Media :

49 Hari Disandera KKB Papua, Kondisi Pilot Susi Air Akhirnya Terkuak, Lenis Kogoya Minta Egianus Hentikan Aksinya

Kondisi terkini pilot Susi Air.

GridHot.ID - Kondisi pilot Susi Air, Kapten Philips, yang disandera KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya selama 49 hari terakhir menjadi sorotan.

Melansir Tribun Papua, kondisi saat ini kapten Philips dalam keadaan baik.

Hal itu sebagaimana yang dikatakan oleh Juru Bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom, saat dihubungi Tribun Papua.

"Kondisi pilot sampai saat ini masih baik-baik saja, dan aman," kata Sebby Sambom melalui panggilan telepon di Jayapura.

Sebby Sambom mengatakan, Kapten Philips dalam keadaan sehat dan aman.

"Pilot tidak sakit, dan dia aman,"ujarnya.

Sebby Sambom menegaskan bahwa TPNPB-OPM punya tenaga medis yaitu mantri-mantri yang siap memberikan pelayanan medis jika Kapten Philips sakit.

Sementara itu, soal penyaderaan pilot Susi Air, Ketua Lembaga Masyarakat Adat Papua Lenis Kogoya mengimbau agar Egianus Kogoya menghentikan aksi kekerasan dan pembunuhan di Papua.

"Lebih baik Egianus dan masyarakat Papua tidak usah bunuh-bunuhan, mari kita bangun karena sudah dikasih provinsi," ujar Lenis Kogoya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/3/2023), dikutip dari Kompas.com.

"Dari satu provinsi, dua provinsi, sekarang 6 provinsi, ngapain kita berantem bunuh-bunuh orang terus?" ujarnya lagi.

Menurut Lenis, ia memiliki visi yang sama dengan kelompok Egianus, yakni mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Papua. 

Baca Juga: Pilot Susi Air yang Disandera KKB Papua Punya Riwayat Asma, Panglima TNI Akui Tak Bisa Asal Frontal Bebaskan Sandera: Kami Tidak Mau!