Find Us On Social Media :

10 Amalan Doa Sunnah yang Harus Dipelihara Saat Puasa Ramadhan, Utamakan Lakukan Ini di Malam-malam Terakhir Bulan Suci

Ilustrasi amalan doa sunah yang bisa dilakukan saat ramadan

GridHot.ID - Umat muslim kini tengah berbahagia menyambut datangnya bulan suci Ramadan.

Berikut amalan doa sunnah yang bisa dilakukan saat bulan Ramadan.

Melansir tribunjatim.com, kata puasa yang dipergunakan dalam rukun Islam adalah al-shaum.

Dalam Bahasa Arab disebut shoum, shiyam yang berarti puasa. Dalam Bahasa Arab dan Al-Quran puasa disebut shaum atau shiyam yang berarti menahan diri dari sesuatu dan meninggalkan sesuatu atau mengendalikan diri, yakni mengendalikan diri dari perbuatan yang membatalkan puasa mulai terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Sedangkan menurut Prof. Dr. H. Ramli Abdul Wahid, MA. dalam bukunya Fikih Ramadan (2010: 3), puasa adalah menahan diri dari makan, minum, jimak (bersetubuh) serta segala sesuatu yang dapat merusak dan membatalkan ibadah puasa sepanjang siang hari sesuai dengan cara dan syarat yang telah ditetapkan syara’. Artinya bahwa wajib imsak mulai dari waktu terbit fajar (awal azan subuh) sampai terbenam matahari (awal azan waktu Magrib).

Dilansir dari NU Online, bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, bulan yang menjadi momentum untuk meningkatkan keimanan, keislaman dan keihsanan kita kepada Allah Swt. Bulan di mana amal baik akan dilipatkan gandakan pahalanya.

Rasulullah Saw bersabda: “Setiap kebaikan berlipat sepuluh turunannya hingga mencapai tujuh ratus kelipatan kecuali puasa, sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan Aku yang membalasnya.” (HR. Bukhari & Muslim).

Alangkah baiknya Ramadhan ini diisi dengan amal ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt ini. Banyak sekali amalan puasa di bulan Ramadhan yang bisa dilakukan. Sebagaimana termaktub dalam kitab Nihâyah al-Zain fî Irsyâd al-Mubtadi’in karya Syekh Muhammad ibn ‘Umar Nawawi al-Bantani (Darul Fikr, Beirut, Cetakan I, h. 194).

Dalam kitab karangannya tersebut, Syekh Muhammad ibn ‘Umar Nawawi al-Bantani menulis ada 10 amalan sunnah yang harus kita pelihara saat berpuasa.

Pertama, makan sahur. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

Baca Juga: Orang yang Terlilit Banyak Utang Salah Satunya, Simak 8 Golongan yang Berhak Menerima Zakat Fitrah Saat Ramadan

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السَّحُورِ بَرَكَةً

Artinya, “Bersantap sahurlah kalian, karena dalam sahur itu ada keberkahan,” (HR al-Bukhari).